Pesan PM Spanyol untuk Kelanjutan La Liga

Kompas.com - 03/05/2020, 14:46 WIB
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez. AFP / FRANCOIS WALSCHAERTS / POOLPerdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez.

MADRID, KOMPAS.com - Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez menyampaikan pesan bagi kelanjutan La Liga yang tertunda hingga kini lantaran pandemi corona.

"Saya berharap agar La Liga segera kembali," tuturnya.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah La Liga, Mourinho Runtuhkan Kejayaan Barcelona Era Guardiola

Jika hal itu terjadi, sementara pemerintah Spanyol secara bertahap menghapus pembatasan-pembatasan sosial untuk memutus mata rantai penyebaran corona, pengelola La Liga harus segera mengambil keputusan.

Pelatih kepala Chelsea asal Italia Antonio Conte merangkul striker Spanyol kelahiran Brazil Diego Costa  setelah pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Southampton dan Chelsea di Stadion St Mary di Southampton, Inggris selatan pada 30 Oktober 2016. - Chelsea memenangkan pertandingan 2-0.AFP/GLYN KIRK Pelatih kepala Chelsea asal Italia Antonio Conte merangkul striker Spanyol kelahiran Brazil Diego Costa setelah pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Southampton dan Chelsea di Stadion St Mary di Southampton, Inggris selatan pada 30 Oktober 2016. - Chelsea memenangkan pertandingan 2-0.

Kementerian Olahraga Spanyol sebelumnya, pada Kamis (30/4/2020), sudah menyetujui rencana klub-klub melakukan pengetesan kesehatan bagi para pemain sebelum mereka berlatih kembali.

Rencana awal, La Liga akan memulai lanjutannya pada Juni 2020.

Pertandingan Derby Basque antara Real Sociedad dan Athletic Bilbao.KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANA Pertandingan Derby Basque antara Real Sociedad dan Athletic Bilbao.

Hingga kini, Spanyol mencatatkan 25.100 kematian lantaran Covid-19.

Sementara, kebijakan lockdown dilaksanakan sejak Maret tahun ini.

Bek Barcelona Prancis Clement Lenglet (kiri) menantang pemain depan Real Sociedad Swedia Alexander Isak selama pertandingan liga Spanyol antara FC Barcelona dan Real Sociedad di stadion Camp Nou di Barcelona pada 7 Maret 2020.AFP/LLUIS GENE Bek Barcelona Prancis Clement Lenglet (kiri) menantang pemain depan Real Sociedad Swedia Alexander Isak selama pertandingan liga Spanyol antara FC Barcelona dan Real Sociedad di stadion Camp Nou di Barcelona pada 7 Maret 2020.

Kemudian, setelah 49 hari masa lockdown, pemerintah Spanyol mengizinkan warga masyarakat keluar rumah untuk berolahraga.

"Saya sejatinya adalah pendukung basket ketimbang sepak bola. Tapi, mari kita memberi kesempatan bagi sepak bola untuk berlanjut lebih dulu," kata Pedro Sanchez.

Penyerang Deportivo La Coruna,  Florin Andone (kiri), berusaha mengontrol bola dalam kawalan bek Atletico Madrid, Diego Godin, saat kedua tim bertemu pada pertandingan La Liga di Stadion Municipal de Riazor, pada 2 Maret 2017. MIGUEL RIOPA / AFP Penyerang Deportivo La Coruna, Florin Andone (kiri), berusaha mengontrol bola dalam kawalan bek Atletico Madrid, Diego Godin, saat kedua tim bertemu pada pertandingan La Liga di Stadion Municipal de Riazor, pada 2 Maret 2017.

"Jika sepak bola berlanjut kembali, saya harapkan kita semua menyaksikan laga di televisi, bukan di stadion," pesan Pedro Sanchez lagi.

La Liga sudah menyiapkan tiga tahap bagi pemain untuk mulai berlatih pada pekan depan.

Tahap pertama adalah latihan individual.

Ekspresi Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, dalam pertandingan kedua 16 besar Liga Champions antara Liverpool vs Atletico Madrid. Laga Liverpool vs Atletico Madrid digelar di Stadion Anfield, Rabu (11/3/2020). JAVIER SORIANO/AFP Ekspresi Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, dalam pertandingan kedua 16 besar Liga Champions antara Liverpool vs Atletico Madrid. Laga Liverpool vs Atletico Madrid digelar di Stadion Anfield, Rabu (11/3/2020).

Tahap kedua adalah latihan dalam kelompok kecil.

"Setelah kedua tahap itu, barulah para pemain berlatih semuanya secara bersama-sama," demikian pernyataan La Liga.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X