PSSI dan PT LIB Bisa Mencontoh Shin Tae-yong Soal KKN

Kompas.com - 03/05/2020, 14:00 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Dok. PSSIPelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong bisa menjadi contoh bagi PSSI dan PT LIB untuk menghindari korupsi, kolusi, dan nepotisme ( KKN).

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memang jadi sorotan di awal tahun 2020 setelah diduga terlibat praktik KKN.

PT LIB dituding melakukan nepotisme terkait anak kandung Direktur Utama PT LIB Cucu Somantri, Pradana Aditya Wicaksana, yang diangkat menjadi General Manager PT LIB.

Serupa dengan PT LIB, PSSI juga banyak dikritik ketika adik ipar Iwan Bule, Maaike Ira Puspita, bakal menggantikan posisi Ratu Tisha sebagai Sekjen.

Dua kasus dugaan nepotisme itu mencoreng wajah sepak bola Indonesia yang tengah berbenah.

Baca juga: UPDATE 2 Mei: Data Sebaran 10.843 Kasus Covid-19 di 34 Provinsi

Bahkan, pemilik Persiba Balikpapan, Gede Widiade, sampat menyebutkan bahwa praktek KKN di PSSI dan PT LIB akan membuat pecinta sepak bola Tanah Air tersakiti.

Di tengah kabar tuduhan KKN di tubuh PSSI dan PT LIB, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, hadir sebagai sosok yang patut dicontoh.

Pelatih asal Korea Selatan itu pernah melakukan tindakan terpuji untuk menghindari praktek KKN kala dirinya membesut timnas U-20 Korea Selatan pada 2017.

Saat itu, Korea Selatan tengah bersiap untuk turun dalam ajang Piala Dunia U-0 2017 yang diadakan di Negeri Ginseng tersebut.

Shin Tae-yong yang baru saja ditunjuk melakukan langkah berani dengan tidak memasukkan nama anak kandungnya, Shin Jae-won, dalam skuad timnas Korea Selatan untuk Piala Dunia U20 2017.

Baca juga: Shin Tae-yong Tak Masuk Daftar Orang Berpengaruh di Korsel Versi Forbes

Halaman:


Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X