Kiat Dua Pemain Persib untuk Menyeimbangkan Karier dan Pendidikannya

Kompas.com - 03/05/2020, 08:40 WIB
Pemain muda Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAPemain muda Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha.

BANDUNG, KOMPAS.com - Pendidikan adalah hal yang penting, tak terkecuali bagi pesepak bola.

Dua pemain Persib Bandung, Abdul Aziz Lufti Akbar dan Beckham Putra Nugraha, menjadi contoh dari sekian banyak pesepak bola yang tetap mementingkan pendidikan walau disibukkan dengan pekerjaan di lapangan.

Aziz bahkan berhasil menyelesaikan pendidikan strata satunya.

Dia berhasil mendapatkan gelar sarjana di bidang pendidikan pada Juli 2019 lalu.

Tak main-main, gelar tersebut didapatkan Aziz dengan status cumlaude atau terpuji.

Mantan pemain PSMS Medan itu mengaku, tidak mudah untuk menyeimbangkan antara sekolah dengan pekerjaannya sebagai pesepak bola.

Aziz bahkan sempat mengambil cuti hingga akhirnya memutuskan pindah program kuliah yang diampu.

"Karena dulu main di luar kota, jadi sempat pindah dari kelas umum ke PLS atau Pendidikan Luar Sekolah. Di sana mengambil jurusan keguruan," kata Aziz, beberapa waktu lalu.

Bagi Aziz, pendidikan adalah hal yang penting. Dia bahkan berencana untuk melanjutkan pendidikannya untuk meraih gelar master.

Aziz mengatakan, melanjutkan sekolah menjadi modal untuk masa depannya kelak setelah tidak lagi aktif bermain sepak bola.

Baca juga: Hanya 2 Orang yang Raih Juara bersama Persib sebagai Pemain Maupun Pelatih

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X