Bundesliga Belum Dapat Kepastian soal Kelanjutan Kompetisi

Kompas.com - 01/05/2020, 17:40 WIB
Logo Bundesliga. caughtoffsideLogo Bundesliga.


KOMPAS.com - Bundesliga -kasta sepak bola tertinggi Jerman- kembali menghadapi ketidakpastian soal kelanjutan kompetisi.

Hal itu disebabkan karena pertemuan antara Kanselir Jerman dan 16 Perdana Menteri negara-negara bagian Jerman ditunda hingga 6 Mei 2020.

Mengutip ESPN, sedianya pertemuan tersebut dijadwalkan pada Kamis (30/4/2020) untuk memastikan tanggal resmi kembalinya kompetisi.

Alhasil, Liga Sepak Bola Jerman (DFL) yang mulanya mengatakan siap jika kompetisi bergulir pada 9 Mei, harus menunggu lagi sampai setidaknya Rabu (6/5/2020).

Baca juga: 4 Bos Klub Bundesliga Ingatkan tentang Kelanjutan Kompetisi

Pekan lalu, pihak DFL memang berharap liga bergulir kembali pada 9 Mei, tetapi juga menegaskan keputusan terkait tanggal pastinya merupakan wewenang pemerintah setempat.

DFL pun menerima dengan lapang dada keputusan pemerintah untuk menunda lagi kelanjutan kompetisi.

"DFL tentu saja menerima bahwa belum ada keputusan soal kembalinya Bundesliga. Bersama dengan tim medis dan organisasi, DFL serta klub akan melanjutkan persiapan untuk memulai kompetisi lagi pada bulan Mei," tulis pernyataan DFL, sebagaimana dikutip dari ESPN.

Selain itu, karena pertemuan antara Kanselir Jerman dan 16 Perdana Menteri negara-negara bagian Jerman baru akan dilangsungkan pada 6 Mei, tidak mungkin Bundesliga bisa bergulir sebagaimana waktu yang diharapkan oleh DFL.

Kemungkinan paling cepat, Bundesliga kembali dimainkan pada 16 Mei 2020 mendatang.

Baca juga: Ini Jatah Jumlah Orang di Stadion saat Liga Jerman Bergulir Lagi

Sementara itu, Bundesliga yang telah ditangguhkan sejak 13 Maret lalu memang diharapkan bisa dilanjutkan dan bisa selesai pada 30 Juni 2020.

Hal itu dikarenakan klub-klub bergantung pada pemasukan dari sponsor dan hak siar yang tidak akan didapatkan jika liga dihentikan secara permanen.

Sebelum kompetisi dihentikan, Bundesliga sudah memasuki pekan ke-26. Artinya, klub-klub peserta liga masih menyisakan 9 pertandingan lagi.

Klub-klub peserta Liga Jerman juga sudah mengadakan latihan pada bulan lalu meskipun masih dalam kelompok-kelompok kecil dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku selama pandemi virus corona.



Sumber ESPN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X