Kerugian Liga Perancis Setelah Dihentikan: Maksimal Rp 6,6 Triliun

Kompas.com - 29/04/2020, 07:10 WIB
Bek Paris Saint-Germain asal Brasil Marquinhos menghalau bola selama pertandingan sepak bola Liga Perancis, Paris Saint-Germain (PSG) vs Olympique Lyonnais (OL) di stadion Parc des Princes di Paris pada 19 Maret 2017 AFP/FRANCK FIFEBek Paris Saint-Germain asal Brasil Marquinhos menghalau bola selama pertandingan sepak bola Liga Perancis, Paris Saint-Germain (PSG) vs Olympique Lyonnais (OL) di stadion Parc des Princes di Paris pada 19 Maret 2017

KOMPAS.com - Ligue 1, kasta teratas Liga Perancis, diprediksi akan mengalami kerugian maksimal 400 juta euro atau setara Rp 6,68 triliun setelah diputuskan dihentikan.

Ligue 1 terpaksa dihentikan setelah Pemerintah Perancis melarang seluruh aktivitas olahraga sampai sebelum September 2020.

Keputusan itu diumumkan langsung oleh Perdana Menteri Perancis, Edouard Philippe, Selasa (28/4/2020) waktu setempat.

Federasi Sepak Bola Perancis (FFF) dan Liga Sepak Bola Profesional Perancis (LFP) dalam waktu dekat akan merumuskan solusi perihal penentuan tim juara, degradasi, promosi, dan wakil di kompetisi Eropa.

"Semuanya sudah selesai. Ligue 1, Ligue 2 (kasta kedua), dan kompetisi putri semuanya sudah selesai," kata Presiden FFF, Noel Le Graet, dikutip dari situs L'Equipe.

"Kemungkinan kami akan menggunakan klasemen terakhir untuk mengakhiri kompetisi. Memutuskan itu sangatlah tidak mudah," tutur Noel Le Graet.

Baca juga: Liga Perancis Dihentikan, PSG Incar Trofi Liga Champions

Ligue 1 sudah diputuskan ditunda sejak 13 Maret 2020 dengan menyisakan 101 pertandingan.

KPMG Football Benchmark melalui risetnya yang dirilis pertengahan Maret lalu memprediksi Liga Perancis akan mengalami kerugian maksimal Rp 6,68 triliun jika dihentikan.

Football Benchmark adalah platform yang memberikan pemahaman dan analisis tentang bisnis sepak bola dunia.

Lembaga ini terafiliasi langsung dengan KPMG, perusahaan multinasional penyedia jasa audit, pajak, dan konsultan bisnis terbesar di dunia.

Halaman:


Sumber L'Equipe
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X