Pandemi Corona, 7 Klub Liga Primer Jalankan Beragam Kebijakan Anggaran

Kompas.com - 26/04/2020, 19:39 WIB
Maurizio Sarri dan para pemain Chelsea saat menjuarai Liga Europa 2018-2019. AFP/MICHAEL REGAN / GETTY IMAGES EUROPE / GETTY IMAGES VIA AFPMaurizio Sarri dan para pemain Chelsea saat menjuarai Liga Europa 2018-2019.

LONDON, KOMPAS.com - Sedikitnya, hingga kini, ada 7 klub Liga Primer yang menjalankan kebijakan tatkala pandemi corona melanda Inggris.

Baca juga: Tim Buntut Liga Inggris Pertahankan Alasan Rumahkan Pegawai

Chelsea, misalnya, tengah dalam pembicaraan dengan pemain untuk pemotongan gaji 10 persen.

Gerbang stadion klub sepak bola Aston Villa, Villa Park digambarkan di bawah sinar matahari musim semi di Birmingham, Inggris tengah pada 19 April 2020AFP/PAUL ELLIS Gerbang stadion klub sepak bola Aston Villa, Villa Park digambarkan di bawah sinar matahari musim semi di Birmingham, Inggris tengah pada 19 April 2020

Angka ini lebih rendah ketimbang kebijakan Liga Primer yang memperkenankan klub memangkas hingga 30 persen dari gaji pemain.

Namun, sembari menanti kata putus, klub yang bermarkas di Stadion Stamford Bridge ini justru tengah gencar menjalankan program sosial membantu Pelayanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) memerangi corona.

Kandang Newcastle United, St James Park. Newcastle United di ambang akuisisi oleh PCP Capital Partners, suatu konsorsium asal Arab Saudi.KOMPAS.com/Firzie A. Idris Kandang Newcastle United, St James Park. Newcastle United di ambang akuisisi oleh PCP Capital Partners, suatu konsorsium asal Arab Saudi.

"Kami berterima kasih kepada tim yang menunjukkan tanggung jawab sosial ikut ambil bagian menghadapi virus corona," kata pernyataan klub.

Sementara itu, Aston Villa justru sudah mencapai kesepakatan pemotongan gaji 25 persen.

Pemotongan berlaku bagi para pemain, pelatih, dan anggota manajemen senior.

Para pemain Norwich City di Premier League, kasta tertinggi Liga InggrisAFP/ALEX DAVIDSON / GETTY IMAGES EUROPE / GETTY IMAGES VIA AFP Para pemain Norwich City di Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris

Meski begitu, Aston Villa tidak meliburkan pemain dan seluruh stafnya.

"Pemain dan staf kami menunjukkan sikap solider kepada klub-klub yang mengalami masalah finansial selama pandemi corona," kata Kepala Eksekutif Christian Purslow.

Sementara itu, klub Newcastle United dan Norwich City adalah dua klub dari total anggota Liga Primer yang justru meliburkan staf tidak bermain mereka.

Dua inverted winger Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah.AFP/KARIM JAAFAR Dua inverted winger Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Lantas, tiga klub yakni Liverpool, Tottenham, dan Bournemouth awalnya bakal mereduksi gaji para pemain.

Laga Bournemouth vs Chelsea pada lanjutan pekan ke-28 Liga Inggris, Sabtu (29/2/2020) malam WIB.AFP/ADRIAN DENNIS Laga Bournemouth vs Chelsea pada lanjutan pekan ke-28 Liga Inggris, Sabtu (29/2/2020) malam WIB.

Namun, usai mendapat gelontoran kritik, ketiga klub itu berbalik arah.

Bagian utara Tottenham Hotspur Stadium.football.london Bagian utara Tottenham Hotspur Stadium.



Sumber Xinhuanet
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X