Tips Berolahraga yang Baik Selama Puasa dari Pelatih Fisik Sabah FA

Kompas.com - 24/04/2020, 13:40 WIB
Pelatih fisik Sabah FA Sofie Imam Faizal (kiri) saat berbincang dengan Kurniawan DY dan pemain Arema FC Jonathan Bauman. KOMPAS.com/Suci RahayuPelatih fisik Sabah FA Sofie Imam Faizal (kiri) saat berbincang dengan Kurniawan DY dan pemain Arema FC Jonathan Bauman.


MALAYSIA, KOMPAS.com - Berolahraga dan latihan mandiri pada bulan Ramadhan menjadi tantangan tersendiri.

Perubahan pola makan dan jam tidur secara langsung berdampak terhadap efektivitas latihan itu sendiri.

Pelatih fisik Sabah FA, Sofie Imam Faizal, memberikan tips-tips khusus agar bisa tetap menjalankan olahraga selama bulan Ramadhan.

Mantan pelatih fisik timnas U-19 tersebut mengatakan, olahraga di bulan puasa tidak boleh berlebihan karena risiko dehidrasi dan kalori yang dimasukkan dengan yang digunakan harus seimbang.

Baca juga: Klub-klub Raksasa Eropa Turut Ucapkan Selamat Puasa Ramadhan

"Kita harus memilih aktivitas yang intensitasnya ringan sehingga tubuh tetap kuat dalam berpuasa," ucap Sofie Imam kepada Kompas.com, Jumat (24/4/2020).

"Selain itu, asupan makan dan minum hingga jam tidur juga perlu diatur saat berolahraga di bulan Ramadhan," kata pelatih fisik asal Tulungagung itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Sofie Imam Faizal, ada dua waktu ideal untuk berolahraga, yakni sebelum berbuka puasa dan juga sesudah berbuka puasa.

Dia mengatakan, waktu-waktu mendekati berbuka menjadi saat yang paling ideal untuk berolahraga.

Baca juga: Khabib Nurmagomedov Puasa Bertarung Selama Ramadhan

 

Hendaknya sesi latihan atau olahraga disesuaikan dengan waktu berbuka sehingga tubuh bisa segera mendapatkan asupan makanan.

"Meskipun hanya menggunakan sisa-sia energi, kita bisa langsung makan saat berbuka puasa menggantikan energi yang hilang sehingga kita tidak khawatir terjadi dehidrasi," tuturnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.