Kisah Dirk Zimmermann, Pelatih Kiper Penyandang Tuna Rungu dari Fortuna Dusseldorf

Kompas.com - 18/04/2020, 21:40 WIB
Pelatih kiper Fortuna Duesseldorf, Dirk Zimmermann Dok. Bundesliga Official Website/www.bundesliga.com/en/bundesligaPelatih kiper Fortuna Duesseldorf, Dirk Zimmermann

KOMPAS.com - Pelatih kiper Fortuna Dusseldorf, Dirk Zimmermann, disebut sebagai sosok yang berhasil mengubah pandangan orang bahwa orang seperti dirinya bisa bekerja meski memiliki kekurangan.

Zimmermann merupakan pelatih kiper penyandang tuna rungu yang menggunakan alat bantu pendengaran di Bundesliga, kasta tertinggi Liga Jerman.

Pelatih kelahiran 28 Desember 1969 itu pada awalnya adalah pelatih kiper Fortnuna U-23, tetapi sekarang telah aktif bekerja dengan tim senior musim ini.

Zimmermann akan berkolaborasi erat dengan pelatih kiper utama baru Fortuna, Christpoh Semmler untuk membuat kiper Fortuna Dusseldorf tangguh.

Baca juga: Bundesliga Berencana Lanjutkan Kompetisi Tanpa Kehadiran Penonton

Pasangan ini akan bekerja bahu-membahu untuk mencoba meningkatkan kinerja pertahanan Dusseldorf khususnya di lini penjaga gawang.

Mereka ingin bertahan di divisi utama dengan minimal target mencoba keluar dari zona degradasi.

Meskipun pelatih kiper berusia 51 itu mungkin tidak dapat mendengar dengan baik, Zimmermann percaya di balik segala keterbatasannya ia mampu memberi wawasan dan visi yang tidak dimiliki rekan-rekannya maupun orang lain.

Meski dengan keterbatasannya itu, Zimmermann mengakui bahwa dirinya memiliki intuisi yang sangat baik.

Zimmermann mengaku dapat merasakan ketika misalnya saat seorang pemain lelah.

Ia sering dan cepat bereaksi terhadap hal itu dengan sesegera mungkin mengubah bentuk latihan, seraya menegaskan bahwa ia masih bisa menikmati gairah dan semangat.

Halaman:


Sumber Bundesliga
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X