Sejarah Hari Ini: Demo di Lokasi KLB PSSI, Titik Balik Perjuangan Persebaya

Kompas.com - 18/04/2020, 18:10 WIB
Bobotoh dan Bonek saat Persib berhadapan dengan Persebaya di Piala Presiden 2019 KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHABobotoh dan Bonek saat Persib berhadapan dengan Persebaya di Piala Presiden 2019

KOMPAS.com - Hari ini lima tahun yang lalu, Kongres Luar Biasa PSSI digelar guna memilih ketua umum dan pengurus baru setelah satu hari sebelumnya Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membekukan PSSI.

KLB PSSI saat itu dihelat di Hotel JW Marriot, Surabaya, 18 April 2015.

Namun, selain persiapan dan jalannya KLB, ada kejadian menarik pada waktu itu. Suporter Persebaya Surabaya menggelar aksi di depan lokasi KLB tersebut.

Pada waktu itu, kompetisi musim 2015 juga dihentikan sementara.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: Selebrasi Terakhir Cristiano Ronaldo di Bernabeu

Di sisi lain, dilansir dari BolaSport, Menpora Imam Nahrawi bersama BOPI menyatakan ketidakabsahan Persebaya (sekarang Bhayangkara FC) dan Arema Cronus (sekarang Arema FC) untuk mengikuti kompetisi Liga Indonesia.

Sementara itu, Persebaya 1927 (sekarang Persebaya Surabaya) tidak diakui keberadaanya oleh PSSI semenjak mereka terakhir kali berlaga di Liga Primer Indonesia 2013.

Kondisi tersebut memaksa Persebaya Surabaya vakum dari persepakbolaan nasional dalam kurun waktu yang lama.

Pada kurun waktu itu, Persebaya 1927 terus memperjuangkan keadilan mereka untuk diakui kembali keberadaanya oleh PSSI.

Maka dari itu, para suporter Persebaya yang mengatasnamakan diri mereka Bonek Persebaya 1927, menggelar demo di lokasi KLB PSSI 2015.

Salah satu koordinator Bonek Persebaya 1927, Siti Nasiyah, menyatakan, tidak hanya Bonek dari Surabaya, melainkan juga dari luar Surabaya bahkan luar Jawa akan turut hadir dalam demo tersebut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X