Kompas.com - 12/04/2020, 11:54 WIB
Warga mengenakan masker di Bandara Internasional El Alto-La Paz, Bolivia, 28 Februari 2020, menyusul coronavirus, Covid-19, menyebar luas. Virus Corona menyebar luas dalam beberapa pekan terakhir, mengakibatkan pemerintah menghentikan warganya melakukan perjalanan atau berkumpul di tempat ramai. AFP/AIZAR RALDESWarga mengenakan masker di Bandara Internasional El Alto-La Paz, Bolivia, 28 Februari 2020, menyusul coronavirus, Covid-19, menyebar luas. Virus Corona menyebar luas dalam beberapa pekan terakhir, mengakibatkan pemerintah menghentikan warganya melakukan perjalanan atau berkumpul di tempat ramai.

TOKYO, KOMPAS.com - Di tengah pandemi covid-19 yang juga melanda Jepang, Presiden Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) Kozo Tashima menyebut bahwa Negeri Sakura itu punya tim nasional alias "timnas" baru.

"Timnas itu adakah para pekerja medis," kata Tashima sebagaimana warta laman kyodonews.net hari ini.

"Mari kita ikut mendukung para pekerja medis melawan corona," katanya lagi.

Baca juga: Darurat Nasional Corona, Jepang Tutup Pusat Pelatihan Atlet

Kozo Tashima sempat menjalani perawatan mulai 16 Maret 2020 lantaran positif terinfeksi corona.

Takefusa Kubo berlatih bersama Timnas Jepang jelang laga versus Uruguay pada Copa America 2019 di Porto Alegre, 19 Juni 2019. AFP/CARL DE SOUZA Takefusa Kubo berlatih bersama Timnas Jepang jelang laga versus Uruguay pada Copa America 2019 di Porto Alegre, 19 Juni 2019.

Saat ini Tashima sudah dinyatakan sembuh dari infeksi itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mengucapkan kesan tentang pelayanan dan perhatian para pekerja medis yang merawatnya.

"Para pekerja medis adalah pasukan di barisan depan. Mereka melawan musuh yang tidak kelihatan," ujarnya.

Timnas Jepang memastikan diri ke babak 16 besar Piala Asia 2019 sebagai juara Grup F seusai menang atas Uzbekistan, 17 Januari 2019. www.THE-AFC.com Timnas Jepang memastikan diri ke babak 16 besar Piala Asia 2019 sebagai juara Grup F seusai menang atas Uzbekistan, 17 Januari 2019.

"Salah satu tugas kita untuk mendukung mereka adalah dengan berdiam di rumah untuk memutus penyebaran virus corona," kata Kozo Tashima.

Para pemain timnas Jepang merayakan kemenagan 3-0 atas Iran dalam laga semifinal Piala Asia 2019 di Stadion Hazza Bin Zayed, Senin (28/1/2019).www.the-afc.com Para pemain timnas Jepang merayakan kemenagan 3-0 atas Iran dalam laga semifinal Piala Asia 2019 di Stadion Hazza Bin Zayed, Senin (28/1/2019).

Kozo Tashima mengatakan, adalah sikap yang tidak pantas bila para pekerja medis dan keluarganya mendapatkan perlakuan diskriminasi karena tugas mereka.

Untuk memberikan apresiasi bagi para pekerja medis, Kozo Tashima mengimbau para pemain sepak bola Jepang yang masih menanti bergulirnya kompetisi dengan mengunggah video sebagai tanda dukungan.

"Sebisa mungkin, kita membantu para pekerja medis," pungkas Kozo Tashima.

Kondisi ruang ganti yang ditinggalkan skuad Jepang usai kalah dari Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018.TWITTER Kondisi ruang ganti yang ditinggalkan skuad Jepang usai kalah dari Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Kyodo News
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.