Para Pemain di Mantan Klub Stefano Lilipaly Mulai Kesulitan Keuangan

Kompas.com - 11/04/2020, 18:50 WIB
Para pemain klub kasta kedua Liga Belanda, SC Telstar. SC TELSTARPara pemain klub kasta kedua Liga Belanda, SC Telstar.

KOMPAS.com - "Messi dan Ronaldo tak perlu khawatir dengan kehidupan setelah sepak bola, tetapi kondisi itu berbeda bagi seorang pemain di Telstar. Kami harus berpikir tentang karier kedua," tutur Frank Korpershoek, yang melakukan debutnya bagi klub kasta kedua Liga Belanda tersebut 14 tahun lalu.

Korpershoek mengutarakan kalau para pemain di sepak bola Belanda, terutama kasta kedua ke bawah, mulai kesulitan memenuhi kebutuhan mereka.

Kondisi ini diperparah oleh keuangan klub yang menderita seiring pemberhentian kompetisi karena wabah Covid-19.

Kasta kedua Liga Belanda telah dihentikan sejak medio Maret 2020.

"Bujet banyak klub telah merosot. Di ruang ganti kami ada pemain-pemain yang mulai kesulitan memenuhi kebutuhan bulanan. Mereka masih tinggal di rumah orang tua dan memulai musim tanpa kontrak," tutur kapten Telstar ini di Voetbal International.

Baca juga: Klub Inggris Pertama yang Menolak Bantuan Pemerintah dan Pemainnya Pangkas Gaji

"Anda bisa mempertahankan hal itu untuk beberapa saat tetapi cepat atau lambat, mereka harus punya pemasukan," ucap Korpershoek yang juga menjabat sebagai pelatih tim akademi Ajax.

Pemain yang telah bermain 360 kali bagi Telstar itu mengaku beruntung karena kedua klub mengerti kebutuhannya.

"Di Telstar kami berlatih dua kali seminggu dan setelah itu saya menyetir ke Amsterdam. Beruntung, kedua klub punya pemikiran searah. Ajax tahu bahwa pekerjaan utama saya adalah di Telstar dan Telstar memberi ruang di mana memungkinkan," ujar pria berusia 35 tahun ini.

Sang gelandang juga mengaku telah melakukan banyak hal di luar sepak bola.

"Saya mengikuti berbagai kelas dan mendapatkan diploma-diploma. Angap saja ini sebagai latihan ekstra di mana saya juga mendapat kompensasi," tuturnya.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X