Pandemi Corona Berlanjut, Ini Jumlah Kerugian Klub-klub Sepak Bola Jerman

Kompas.com - 05/04/2020, 17:11 WIB
Gelandang Bayern Muenchen, Joshua Kimmich (kanan), usai mencetak gol dalam pertandingan perempat final Piala Jerman (DFB Pokal), Schalke 04 vs Bayern Muenchen di Gelsenkirchen, Jerman, Rabu (4/3/2020) dini hari WIB. AFP/SASCHA SCHUERMANNGelandang Bayern Muenchen, Joshua Kimmich (kanan), usai mencetak gol dalam pertandingan perempat final Piala Jerman (DFB Pokal), Schalke 04 vs Bayern Muenchen di Gelsenkirchen, Jerman, Rabu (4/3/2020) dini hari WIB.

BERLIN, KOMPAS.com - Pandemi corona yang berlanjut dan belum diketahui usai bisa memunculkan kerugian bagi klub-klub sepak bola Jerman.

Laman xinhuanet.com menulis, setidaknya, jumlah kerugian itu berkisar di angka 800 juta euro atau sekitar Rp 14,6 triliun lebih.

Baca juga: Perangi Corona, Dortmund Sumbang Stadion, Klub Bundesliga Lainnya Sumbang Uang

Ketua Bayern Muenchen Karl Heinz Rummenige mengatakan laga pada September 2020 harus dipahami sebagai sisa-sisa pertandingan yang belum rampung hingga Juni 2020.

Markas RB Leipzig, Red Bull Arena.Boris Streubel/Bundesliga Markas RB Leipzig, Red Bull Arena.

Baca juga: Sejarah di Balik Berdirinya Red Bull Arena, Markas RB Leipzig

Di Liga Jerman, baik Divisi Utama maupun Dua, beberapa klub sudah mengambil ancang-ancang untuk mengurangi jumlah skuad.

"Klub juga ada yang mengurangi upaya-upaya transfer," kata Rummenige.

Gelandang Dortmund asal Jerman, Marius Wolf dan pemain tengah Bayer Leverkusen Austria Julian Baumgartlinger bersaing dengan bola pada pertandingan sepakbola Bundesliga divisi satu Jerman Borussia Dortmund lawan Bayer Leverkusen pada 24 Februari 2019 di Dortmund.AFP/PATRIK STOLLARZ Gelandang Dortmund asal Jerman, Marius Wolf dan pemain tengah Bayer Leverkusen Austria Julian Baumgartlinger bersaing dengan bola pada pertandingan sepakbola Bundesliga divisi satu Jerman Borussia Dortmund lawan Bayer Leverkusen pada 24 Februari 2019 di Dortmund.

Rummenige mengatakan, nilai transfer hingga 100 juta euro, di masa mendatang, melampaui kemampuan klub.

Sementara, klub-klub kini juga berharap adanya dukungan dari pemerintah untuk penanganan para karyawan klub.

Gambaran umum Olympiastadion sebelum pertandingan Bundesliga antara Hertha BSC dan Borussia Moenchengladbach di Olympiastadion pada 4 November 2016 di Berlin, Jerman.Boris Streubel/Bundesliga Gambaran umum Olympiastadion sebelum pertandingan Bundesliga antara Hertha BSC dan Borussia Moenchengladbach di Olympiastadion pada 4 November 2016 di Berlin, Jerman.

Dikhawatirkan juga, apabila pandemi corona belum berkesudahan akan ada problem yang tak bisa dihindari dari sisi ketenagakerjaan.

Terkini, empat klub yakni Bayern Muenchen, Borussia Dortmund, RB Leipzig, dan Bayer Leverkusen sudah mendonasikan 20 juta euro untuk membantu klub-klub di Liga Jerman.

Ilustrasi: virus corona juga merebak di Eropa. Warga-warga mengenakan masker.Shutterstock Ilustrasi: virus corona juga merebak di Eropa. Warga-warga mengenakan masker.

Sementara itu, mayoritas pemain di semua klub juga menerima kebijakan pemotongan gaji 20 persen.

Dana dari pemotongan itu dipakai untuk membantu membiayai gaji para staf bukan pemain.



Sumber Xinhuanet
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X