Mucharski dan Jejak Pemain Asing Angkatan Pertama Persib Bandung

Kompas.com - 05/04/2020, 12:50 WIB
Mantan penjaga gawang Persib Bandung, Mariusz Mucharski. Wisla Plock OfficialMantan penjaga gawang Persib Bandung, Mariusz Mucharski.

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejarah mencatat, hanya ada dua pemain asing berposisi penjaga gawang yang memperkuat Persib Bandung.

Mariusz Mucharski dan Shintawechai "Kosin" Hatharaittanakool adalah dua nama pemain asing yang pernah berjibaku di bawah mistar klub berjulukan Maung Bandung itu.

Mucharski lebih dulu bermain untuk Persib pada Liga Indonesia musim 2003. Sayangnya, hanya setengah musim pemain asal Polandia itu berseragam Persib.

Adapaun Kosin bermain untuk Persib dalam dua periode. Pada masing-masing periode, Kosin pun hanya bermain selama setengah musim.

Baca juga: Robert Alberts Rutin Menelepon Pemain Persib Selama Libur Kompetisi

Kosin pertama kali bergabung bersama Persib pada putaran kedua Liga Indonesia musim 2006. Setelah itu, dia kembali ke Thailand dan memperkuat Chonburi FC.

Pada awal musim Liga Super Indonesia (LSI) 2009, Kosin kembali ke Persib. Sayangnya, lagi-lagi Kosin hanya bermain selama setengah musim untuk Maung Bandung.

Pasalnya, saat itu dia datang ke Bandung dengan status sebagai pemain pinjaman dari Chonburi FC.

Meski sama-sama memiliki karier yang singkat bersama Persib, dibandingkan dengan Mucharski, karier Kosin bersama Persib jauh lebih cemerlang. Sosok Kosin pun hingga saat ini masih melekat di hati Bobotoh.

Baca juga: Kapten Persib Yakin Kompetisi 2020 Tak Senasib dengan Era 2015 dan 1998

Kendati demikian, nama Mucharski tidak bisa begitu saja dikesampingkan bila membahas tentang sejarah Persib. Biar bagaimana, namanya akan selalu tercatat sebagai kiper asing pertama yang memperkuat Maung Bandung.

Mucharski juga masuk dalam daftar generasi pemain asing pertama yang memperkuat Persib, bersama tiga pemain asal Polandia lainnya; Maciej Dolega, Piotr Orlinski, dan Pavel Bochian.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X