Serie A dan UEFA Akan Bahas Jadwal Ulang Kompetisi dan Bursa Transfer

Kompas.com - 31/03/2020, 10:20 WIB
Logo Serie A. TWITTER.com/SERIEALogo Serie A.

KOMPAS.com - Serie A akan mengadakan pembicaraan dengan Asosiasi Sepak Bola Eropa ( UEFA) guna membahas penjadwalan ulang kompetisi dan bursa transfer musim panas.

Serie A, kompetisi tertinggi Liga Italia, telah ditangguhkan sejak Senin (9/3/2020) menyusul pemberlakuan lockdown di Italia karena pandemi virus corona yang terus meningkat di negara tersebut.

Sejauh ini, Liga Italia belum bisa dipastikan apakah kompetisi musim ini akan diselesaikan sesuai dengan sisa pertandingan atau dipersingkat agar musim 2021-2022 bisa berlangsung sesuai jadwal.

Ketidakpastian tersebut juga dinilai berimbas pada bursa transfer dan kontrak pemain.

Baca juga: Filippo Inzaghi Ingin Liga Italia Dilanjutkan Setelah Situasi Tenang

Melansir Football Italia, UEFA telah mengundang Sekretaris Jenderal dari 55 anggota asosiasi untuk mengikuti konferensi video pada Rabu (1/4/2020).

"UEFA telah mengundang Sekretaris Jenderal dari 55 anggota asosiasi mengikuti konferensi video pada Rabu (1/4/2020) untuk membahas opsi sehubungan dengan potensi penjadwalan ulang pertandingan," tulis pernyatan UEFA.

"Konferensi video itu akan membahas perkembangan di semua kompetisi tim nasional dan klub UEFA, serta membahas kemajuan di FIFA dan tingkat Eropa mengenai hal-hal seperti kontrak pemain dan sistem transfer," demikian lanjut UEFA.

Sementara itu, Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina, menegaskan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan kompetisi hingga pekan terakhir.

"Selama masih bisa diusahakan, saya akan mencoba menjaga harapan untuk menyelesaikan kompetisi 2019-2020," ujar Gravina.

Lebih lanjut, Gravina menolak skenario penghentian liga musim ini secara permanen dan memberikan gelar juara kepada pemuncak klasemen saat ini.

Baca juga: Liga Italia Bakal Dituntaskan, Bila Perlu sampai Agustus 2020

Puncak klasemen Liga Italia saat ini masih diduduki Juventus dengan 63 poin.

"Membatalkan kompetisi dan menyerahkan gelar juara kepada siapa pun dalam kondisi ini saya anggap sebagai sebuah kekalahan," tutur Gravina.

Namun, untuk mematuhi saran UEFA, FIGC masih belum bisa memberikan kepastian.

Seperti yang diketahui, UEFA telah menyatakan bahwa liga-liga domestik Eropa musim ini diharapakan rampung pada 30 Juni 2020.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X