Liga Indonesia Ditangguhkan, Liga Vietnam Jalan Terus

Kompas.com - 29/03/2020, 16:10 WIB
Para pemain Timnas Vietnam merayakan kemenangan atas Indonesia usai laga final sepak bola SEA Games 2019 yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Selasa (10/12/2019) malam. Vietnam berhasil meraih medali emas sepak bola SEA Games setelah menundukkan Indonesia dengan skor 3-0. AFP/WAKIL KOHSARPara pemain Timnas Vietnam merayakan kemenangan atas Indonesia usai laga final sepak bola SEA Games 2019 yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Selasa (10/12/2019) malam. Vietnam berhasil meraih medali emas sepak bola SEA Games setelah menundukkan Indonesia dengan skor 3-0.

KOMPAS.com - PSSI melalui Surat Keputusan SKEP/48/III/2020 tertanggal 27 Maret 2020 memutuskan memperpanjang masa penundaan Liga 1 dan Liga 2 dengan pertimbangan status "Darurat Bencana" virus corona.

Sebelumnya, Shopee Liga 1 dan Liga 2 direncanakan kembali bergulir pada awal April 2020.

Namun, karena wabah Covid-19 di Tanah Air tak kunjung mereda, kompetisi sepak bola nasional harus ditunda sampai akhir Juni mendatang.

Baca juga: Shopee Liga 1 Ditunda Sampai Juni, Arema FC Langsung Gerak Cepat

“Saya memutuskan menunda Liga 1 dan Liga 2 sampai 29 Mei 2020. Apabila status keadaan tertentu darurat bencana tidak diperpanjang oleh pemerintah," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Maka PSSI menginstruksikan PT LIB untuk melanjutkan kompetisi terhitung mulai 1 Juli 2020," ucapnya.

Namun, jika situasi tetap tidak memungkinkan, PSSI bakal menghentikan kompetisi musim 2020.

Berbeda dengan PSSI, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) tidak memberikan opsi untuk meniadakan kompetisi pada musim 2020.

VFF sebelumnya menunda semua pertandingan Liga 1 Vietnam (V-League) hingga 15 April mendatang.

Baca juga: Shopee Liga 1 Resmi Ditunda, Manajemen Borneo FC Pulangkan Pemainnya

Selanjutnya, VFF merekomendasikan untuk menggelar semua pertandingan V-League di satu lokasi saja.

Wakil Presiden VFF Tran Quoc Tuan, sebagaimana dilansir dari BolaSport, mengungkapkan langkah ini perlu dilakukan untuk membatasi perjalanan pemain dan ofisial tim serta mencegah penyebaran Covid-19.

"Kami akan menerapkan semua kemungkinan untuk memastikan kesehatan dan keamanan para pemain," ucap Tran Quoc Tuan dilansir dari Fox Sports Asia.

Sejauh ini, V-League sudah berjalan dua pekan sejak dimulai pada awal Maret 2020.

Semua pertandingan pada dua pekan pertama tersebut digelar secara tertutup dan tanpa penonton sebagai upaya pencegahan penularan virus corona.

Setelah itu, VFF memutuskan untuk menunda semua pertandingan hingga pertengahan April 2020.

Baca juga: Kabar Wander Luiz Positif Covid-19 Terendus Media Vietnam

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X