Kiat Merawat Maskot Singa Arema FC di Tengah Pandemi Virus Corona

Kompas.com - 27/03/2020, 08:00 WIB
Maskot Arema FC berdoa sebelum memasuki lapangan. KOMPAS.com/Suci RahayuMaskot Arema FC berdoa sebelum memasuki lapangan.

MALANG, KOMPAS.com - Kukuh Sanyoto merupakan sosok di balik maskot singa di setiap laga kandang Arema FC.

Tidak hanya harus aktif di lapangan, dia juga harus rajin menjaga kebersihan ‘seragam dinasnya’ supaya maskot Singo Edan tetap gagah dan sedap dipandang saat memberikan dukungan bagi kubu Jawa Timur tersebut.

Pria asal Slorok, Kabupaten Malang, tersebut mengaku susah-susah gampang dalam merawat maskot Arema FC.

Ia harus telaten dan juga disiplin karena semua bagian maskot harus ditangani secara khusus.

“Setiap selesai digunakan harus dicuci kostumnya. Kecuali kepala singa, bagian itu tidak boleh dicuci,” katanya kepada KOMPAS.com.

Baca juga: Charis Yulianto Wajibkan Pemain Arema FC Setor Video Latihan Harian

Kukuh Sanyoto mengatakan cara mencucinya pun tidak sembarangan dan wajib manual. Setelah dicuci, proses paling krusial adalah penjemuran.

Proses ini membutuhkan waktu minimal dua hari untuk memastikan seluruh komponen kering sempurna. Setelah dipastikan kering, barulah kostum itu diberi wangi-wangian dan disimpan rapi di lemari.

“Kalau sesudah digunakan tidak dicuci pasti menjamur. Mencucinya pun tidak boleh menggunakan mesin cuci, takut bulu-bulunya rontok,” ucapnya.

Susunan pemain Arema FC yang melawan Persib Bandung pada pekan 3 Liga 1 2020 yang berakhir dengan skor 1-2 di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Minggu (08/03/2020) sore.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Susunan pemain Arema FC yang melawan Persib Bandung pada pekan 3 Liga 1 2020 yang berakhir dengan skor 1-2 di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Minggu (08/03/2020) sore.

Saat ini maskot singa Kukuh Sanyoto sedang masuk ‘kandang’ lantaran kompetisi Shopee Liga 2020 dihentikan sementara.

Akan tetapi, pria yang biasa disapa Sam Kukuh tersebut memastikan kebersihan maskot masih dijaga secara berkala.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X