Alasan Fabregas Tinggalkan Arsenal: Tertekan Jadi Kapten

Kompas.com - 25/03/2020, 16:40 WIB
Gelandang Barcelona, Cesc Fabregas, merayakan golnya ke gawang Celta Vigo, pada lanjutan Liga BBVA, di  Estadio Balaidos, Selasa(29/10/2013). MIGUEL RIOPA / AFPGelandang Barcelona, Cesc Fabregas, merayakan golnya ke gawang Celta Vigo, pada lanjutan Liga BBVA, di Estadio Balaidos, Selasa(29/10/2013).

KOMPAS.com - Cesc Fabregas mengaku tertekan selama menjadi kapten Arsenal sehingga memutuskan pindah ke Barcelona pada 2011.

Fabregas ditunjuk Arsene Wenger menjadi kapten Arsenal untuk menggantikan peran William Gallas pada November 2008.

Saat itu, Fabregas yang baru berusia 21 tahun mencetak sejarah sebagai kapten Arsenal termuda kedua setelah Tony Adams.

Selama tiga tahun menjabat sebagai kapten, Fabregas merasa gagal membawa Arsenal ke puncak performa sehingga dirinya memutuskan pindah ke Barcelona.

"Saat menjadi kapten, saya merasakan tekanan yang luar biasa. Saya harus memimpin Arsenal untuk memenangi sesuatu dan saya merasa sudah memberikan segalanya," kata Fabregas dikutip dari situs Sky Sports.

"Terkadang, saya menangis seharian di rumah setelah Arsenal kalah. Saya sangat menderita. Saya merasa hancur ketika mendengar beberapa pemain sempat tertawa setelah Arsenal kalah," ujar Fabregas.

Baca juga: Arsene Wenger Datang ke Markas Arsenal dengan Agenda Khusus

Fabregas mengaku sebenarnya tidak ingin meninggalkan Arsenal, tim yang ia bela sejak 2003 saat usianya masih 16 tahun.

Namun, karena merasa gagal memimpin rekan-rekannya, Fabregas dengan berat hati memutuskan meninggalkan Arsenal.

"Tanpa bermaksud arogan, saya merasa hanya Robin van Persie dan Samir Nasri yang bisa mengimbangi saya secara teknik maupun mental di Arsenal saat itu," kata Fabregas.

"Saya sangat menikmati bermain untuk Arsenal. Namun, melihat sikap beberapa pemain lain, saya merasa harus memikirkan ulang masa depan saya. Jika bukan karena hal itu, saya tidak akan pindah," ujar Fabregas.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber Sky Sports
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X