Usaha Klub LaLiga Akhiri Cedera, Isu Sensitif Bagi Dokter Klub (3)

Kompas.com - 24/03/2020, 12:40 WIB
Dokter Cota dari tim Liga Spanyol, RC Celta Vigo. LALIGADokter Cota dari tim Liga Spanyol, RC Celta Vigo.

KOMPAS.com - Pencegahan cedera merupakan tugas raksasa bagi klub-klub LaLiga. Bahkan dengan semua usaha tersebut, ada cedera yang tak bisa ditanggulangi.

Cedera sudah menjadi bagian dalam sepak bola modern.

Bagi para dokter, itu menandakan waktu untuk diagnosis dan memulai proses rehabillitasi: Isu paling sulit bagi seluruh pihak yang terlibat, terutama para pemain.

“Dalam dunia olahraga beregu dan sepak bola, kami sebagai ahli medis bukan hanya perlu memiliki kemampuan melatih. Kami juga harus memahami filosofi sepak bola. Terkadang, TLC yang lebih dibutuhkan daripada anti-inflamasi dalam dosis lebih tinggi,” jelas Dokter Cota dari RC Celta Vigo.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda, Jepang Terancam Rugi Triliunan Rupiah

"Pesepak bola adalah pasien dengan banyak tuntutan, sepak bola merupakan mata pencaharian mereka. Itu profesinya, mereka harus cepat pulih. Terkadang penanganan beriringan dengan hal tersebut," tuturnya.

Sementara, yang pertama dan utama, walau jelas para pemain yang menanggung beban cedera mereka, dokter tim lah yang mendapat sorotan.

Ironisnya, seperti yang mereka akui sendiri, mereka seringkali harus berseberangan dengan kepentingan klub mereka. Para dokter harus bertindak sebagai penyeimbang terhadap kebutuhan kompetisi dan keinginan pemain untuk kembali ke lapangan.

Namun, tidak ada pilihan lain. Kesehatan selalu menjadi yang utama.

Dokter Cota tidak terlena mengenai masalah mana yang saat ini paling sensitif bagi dokter dalam sepak bola:

"Pertama, keputusan di dalam lapangan, apakah pemain dapat melanjutkan pertandingan atau tidak. Di klinik Anda punya waktu untuk melakukan tes dan berpikir mendalam. Di lapangan, Anda tidak punya kemewahan ini. Kedua, adalah mengelola informasi pasien. Popularitas pesepak bola dan perlindungan data merupakan topik sangat sensitif," tuturnya.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X