PT LIB Tunggu Balasan dari Klub-klub Liga 1 dan Liga 2 soal Kelanjutan Kompetisi

Kompas.com - 23/03/2020, 15:30 WIB
Logo PT Liga Indonesia Baru (LIB). wartakota.tribunnews.comLogo PT Liga Indonesia Baru (LIB).

KOMPAS.com - Di tengah pandemi corona seperti saat ini, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, meminta kompetisi sepak bola di Indonesia, termasuk Liga 1 dan Liga 2, dihentikan sementara.

Arahan yang tertulis dalam surat PSSI yang bernomor 1038/UDN/606/III-2020 itu ditujukan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Dalam surat tersebut, PSSI secara resmi menghentikan kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 musim ini hingga waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: PSSI dan PT LIB Dinilai Gagap Mengatasi Klub dengan Tunggakan Gaji

Keputusan tersebut menindaklanjuti arahan dari Presiden Joko Widodo terkait penyebaran virus Covid-19 dan surat dari Menpora tentang protokol kewaspadaan pencegahan wabah virus tersebut bagi kegiatan olahraga.

“Kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara waktu dihentikan,” kata Mochamad Iriawan dalam surat yang ditujukan untuk Direktur Utama PT LIB.

“Pencabutan atas penghentian Shopee Liga 1 dan Liga 2 akan menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai penyebaran Covid-19 di Indonesia, yang akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI," ucap dia menambahkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait arahan dari Ketum PSSI tersebut, PT LIB pun bergerak cepat.

Operator kompetisi Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 2020 tersebut segera melakukan kajian dan langsung bersurat kepada semua klub peserta.

Baca juga: Liga 1 Dihentikan, Begini Cara Pelatih Bali United Mengisi Waktu

Dalam surat yang dikirimkan ke klub per tanggal 21 Maret 2020 itu, PT LIB meminta kepada seluruh klub peserta Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 2020 memberikan masukan terkait kelanjutan pelaksanaan kompetisi musim 2020.

Masukan tersebut termasuk penentuan penjadwalan dan izin keamanan dengan mengacu kebijakan dan keadaan persebaran Covid-19 di wilayah masing-masing.

Masukan dari semua klub Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 2020 tersebut, akan ditunggu PT LIB hingga hari ini, Senin (23/3/2020).

“Pada prinsipnya kami berusaha untuk mencari solusi yang komprehensif. Mempertimbangkan banyak hal yang terkait dengan situasi saat ini," kata Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri, Minggu (22/3).

"Selain arahan dari pemerintah dan Ketua Umum PSSI, kami juga meminta masukan dari klub terkait kondisi di wilayah masing-masing,” ucap dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.