Kompas.com - 21/03/2020, 07:00 WIB
Starting line-up PSIS Semarang pada laga menghadapi Arema FC di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Sabtu (14/3/2020). KOMPAS.com/MOCHAMAD SADHELIStarting line-up PSIS Semarang pada laga menghadapi Arema FC di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Sabtu (14/3/2020).

KOMPAS.com - Para pemain, pelatih, dan staf ofisial tim PSIS Semarang menjalani tes kesehatan.

Tes kesehatan tersebut dilakukan guna mencegah virus corona atau akrab disebut Covid-19 yang tengah mewabah di Indonesia.

Tes kesehatan tersebut berlangsung di mes pemain Laskar Mahesa Jenar, julukan PSIS Semarang, Jumat (20/3/2020).

Melansir dari laman resmi klub, dokter tim PSIS Semarang, Alfan Nur Asyhar, mengatakan, vaksinasi ini sebagai salah satu cara timnya menjaga kesehatan pemain selain pemberian masker, sarung tangan, dan penyemprotan disinfectant beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cegah Covid-19, PSIS Semarang Lakukan Pencegahan dengan Penyemprotan Disinfektan ke Mes Pemain

"Program ini vaksinasi hepatitis B dan influenza, hal ini sebagai salah satu cara PSIS Medical Department menjaga kondisi tubuh pemain supaya tetap sehat dan bugar dalam menjalani aktifitas sehari-hari," kata Alfan Nur Asyhar.

Dokter tim PSIS Semarang itu juga mengungkapkan bahwa tidak sembarang orang bisa tes Covid-19 di rumah sakit karena terbatasnya alat yang tersedia.

"Jadi kenapa kami belum tes Covid-19 karena tidak sembarang orang bisa langsung tes," ucap dokter Alfan.

"Syarat setiap orang yang harus tes adalah orang-orang yang memiliki gejala dan mereka memang harus diprioritaskan," tutur dokter Alfan.

Sebelumnya PSIS Semarang, pada Rabu (18/3/2020) juga sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di mes para pemain.

Skuad Laskar Mahesa Jenar saat ini sedang mendapat libur terkait jeda kompetisi Shopee Liga 1 2020, kasta tertinggi Liga Indonesia terkait penyebaran Covid-19.

Baca juga: Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemain PSIS Semarang Menjalani Isolasi Mandiri

Tim-tim Liga 1 pun meliburkan diri selama jeda kompetisi, termasuk PSIS Semarang, yang turut meliburkan tim.

Laskar Mahesa Jenar, mendapat libur selama empat hari sejak pertandingan melawan Arema FC di Stadion Moch Soebroto, Sabtu (14/3/2020).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X