EKSKLUSIF - Usaha Klub LaLiga Akhiri Cedera di Sepak Bola

Kompas.com - 19/03/2020, 17:20 WIB
Dokter tim Barcelona memeriksa kondisi mega bintang Barcelona, Lionel Messi. LALIGA/David RamirezDokter tim Barcelona memeriksa kondisi mega bintang Barcelona, Lionel Messi.

KOMPAS.com - Serial kedua dari LaLiga: Invisible Training akan menghadirkan artikel mengenai perang klub-klub Liga Spanyol melawan cedera. Artikel ini merupakan hasil kerja sama eksklusif Kompas.com serta BolaSport.com dengan LaLiga.

“Setiap klub liga empat besar Eropa rata-rata merugi 15 juta euro setiap tahunnya karena cedera yang diderita pemain. Setiap klub kehialngan antara 10 persen dan 30 persen dari skuad mereka setiap tahunnya karena cedera.”

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Dr Xavier Alomar pada konferensi medis yang diselenggarakan pada bulan Februari 2018.

Lazimnya, cedera dianggap hanya menyebabkan “kerugian yang tak dapat dihitung bagi klub”.

Baca juga: Javier Minano di Valencia, Pria di Balik Kesuksesan Timnas Spanyol

Akan tetapi, seseorang akhirnya menyempatkan diri melakukan penghitungan. Biaya yang harus dikeluarkan akibat cedera pemain terhitung besar.

Taksiran 15 juta euro atau 261 miliar rupiah tersebut dapat membiayai setengah upah skuad di klub seperti RCD Mallorca, Real Valladolid, Granada CF, dan Osasuna saat ini, dan jumlah tersebut terbuang sia-sia karena cedera.

Setiap saat seorang pemain berjalan pincang menuju pintu ruang perawatan, sebuah kebocoran muncul di pundi-pundi keuangan klub.

Atas alasan tersebut klub-klub LaLiga berusaha tanpa henti untuk mencoba memotong kerugian yang menumpuk pada klinik-klinik mereka.

Cedera merupakan faktor yang sangat umum menimbulkan hambatan klub dan langkah terbaik meredakannya adalah dengan berinvestasi secara konstan dalam meningkatkan cabang medis.

“Saat saya menjadi dokter di Pontevedra 20 tahun lalu, kami hanya mengambil satu rekam Sinar-X dada pada satu musim,” ujar Dr Juan Jose Garcoa Cota, Kepala Layanan Medis RC Celta dan dokter untuk timnas Spanyol.

Baca juga: EKSKLUSIF - Usaha Klub LaLiga untuk Menciptakan Pesepak Bola Sempurna

 

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X