Timnas Jerman Sumbang Rp 42 Miliar untuk Perangi Virus Corona

Kompas.com - 19/03/2020, 13:40 WIB
Para pemain timnas Jerman merayakan gol Marcel Halstenberg pada pertandingan Irlandia Utara vs Jerman dalam kualifikasi Euro 2020 di Windsor Park, 9 September 2019. AFP/PAUL FAITHPara pemain timnas Jerman merayakan gol Marcel Halstenberg pada pertandingan Irlandia Utara vs Jerman dalam kualifikasi Euro 2020 di Windsor Park, 9 September 2019.

KOMPAS.com - Tim nasional sepak bola Jerman ikut membantu memerangi virus corona dengan memberikan sumbangan sebesar 2,5 juta euro atau setara Rp 42 miliar.

Jerman menjadi salah satu negara di Eropa dengan banyaknya kasus virus corona.

Data yang dihimpun dari Worldometer pada Kamis (19/3/2020) pagi WIB, tercatat ada 12.327 dengan 28 kasus kematian di Jerman. Kabar baiknya, 105 orang juga telah dinyatakan sembuh dari virus ini.

Melihat banyaknya kasus corona di Jerman, kompetisi sepak bola pun ikut ditunda.

Baca juga: FIFA Sumbang Rp 152 Miliar untuk Bantu Atasi Virus Corona

Pada Jumat (13/3/2020), Bundesliga, kasta tertinggi Liga Jerman, menghentikan sementara semua pertandingan hingga 2 April mendatang.

Sebagai bentuk kontribusi memerangi virus corona, Die Mannschaft, julukan timnas Jerman,  menyumbangkan total 2,5 juta euro atau setara Rp 42 miliar.

Hal itu disampaikan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) melalui akun resmi twitternya.

"Dunia sepak bola telah terhenti. Kesehatan Masyarakat dan mengatasi virus ini menjadi priorotas saat ini," demikian pernyataan DFB.

"Kita semua telah melihat upaya dan komitmen yang telah Anda tunjukkan. Bagiamana Anda telah mendukung dan membantu satu sama lain di rumah sakit, panti jompo, supermarket, dan di komunitas Anda. Ini sangat menginspirasi."

"Itulah sebabnya kami memutuskan untuk menyumbangkan 2,5 juta euro (Rp 42 miliar) untuk membantu penanganan virus corona," tulis DFB.

Sementara itu, bek Bayern Muenchen sekaligus timnas Jerman, Joshua Kimmich mengimbau para penggemar ikut menggalang dana melalui situs WirHelfen (WeHelp).

Baca juga: Ibrahimovic Donasi Rp 1,6 Miliar untuk Bantu Lawan Covid-19 di Italia

"Kita semua menyadari bahwa saat ini kita berada dalam situasi yang luar biasa dan semuanya terpengaruh virus corona," kata Joshua Kimmich pada akun instagramnya.

"Karena itu penting bagi kita untuk saling membantu dan mendukung. Kita semua harus menyadari tanggung jawab kita dan menunjukkan solidaritas."

"WirHelfen adalah portal yang dengan mudah mencatat semua bantuan secara nasional. Fokus kami adalah bantuan yang konkret serta dibutuhkan pada saat krisis ini," kata dia.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X