Soal Tes Virus Corona Pemain, RFEF Anggap La Liga Salah Langkah

Kompas.com - 19/03/2020, 06:20 WIB
Bek Valencia, Ezequiel Garay, melakukan pemanasan sebelum pertandingan menghadapi Barcelona di Estadio de Mestalla, 25 Januari 2020. AFP/NURPHOTO/MARIA JOSE SEGOVIABek Valencia, Ezequiel Garay, melakukan pemanasan sebelum pertandingan menghadapi Barcelona di Estadio de Mestalla, 25 Januari 2020.

KOMPAS.com - Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol ( RFEF), Luis Rubiales, menilai La Liga selaku operator Liga Spanyol telah melakukan kesalahan tentang tes virus corona untuk pemain.

Dikutip dari situs ESPN, La Liga dikabarkan baru saja mempekerjakan tenaga medis khusus yang bisa melakukan 500 tes virus corona untuk pemain Liga Spanyol.

Tes itu dilakukan La Liga sebelum adanya status darurat nasional pandemi virus corona yang diterapkan pemerintah Spanyol, Sabtu (14/3/2020).

Menurut Luis Rubiales, La Liga seharusnya memberikan fasilitas tes untuk orang yang lebih rentan terjangkit virus corona daripada pesepak bola.

"La Liga seperti tidak paham keadaan. Seluruh warga Spanyol sudah diminta pemerintah untuk tetap berada di rumah entah itu yang positif terjangkit virus atau tidak," kata Rubiales yang dikutip dari situs ESPN.

"Jika Anda positif namun tidak mengalami gejala, Anda akan diminta melakukan isolasi mandiri. Jika ada gejala, orang itulah yang perlu mendapatkan tes, bukan pesepak bola," ujar Rubiales menambahkan.

Baca juga: Cara Pemain Liga Spanyol Habiskan Waktu Saat Masa Karantina

Espanyol menjadi tim terbaru Liga Spanyol yang mengumumkan ada pemain yang positif terjangkit virus corona.

Terdapat enam pemain dan juga seorang staff yang dinyatakan positif dengan mengalami gejala ringan.

Adapun Valencia menjadi tim Liga Spanyol dengan jumlah orang terbanyak positif terjangkit virus corona.

Lebih dari sepertiga dari jumlah pemain dan staf dinyatakan positif meskipun seluruhnya tidak mengalami gejala.

Baca juga: RFEF Beri Rekomendasi Semua Klub Liga Spanyol Hentikan Latihan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber ESPN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X