Transformasi Wijnaldum di Bawah Asuhan Juergen Klopp

Kompas.com - 18/03/2020, 13:20 WIB
Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum merayakan golnya ke gawang Ateletico Madrid, Kamis (12/3/2020) dini hari WIB. AFP/JAVIER SORIANOGelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum merayakan golnya ke gawang Ateletico Madrid, Kamis (12/3/2020) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Pemain Liverpool, Georginio Wijnaldum, mengaku menjadi pemain yang lengkap di bawah kepelatihan Juergen Klopp.

Wijnaldum memuji pelatih Liverpool, Juergen Klopp, karena membawa perubahan besar pada karier sepak bolanya.

Pemain asal Belanda itu menilai dirinya menjadi pesepak bola yang serba bisa setelah mengisi posisi di lini tengah semenjak kepindahannya dari Newcastle United pada 2016.

Melansir Transfermarkt, Wijnaldum telah menjadi salah satu pemain kunci bagi Liverpool dan telah melakoni 177 penampilan di semua kompetisi dengan 18 gol untuk The Reds.

Baca juga: Van Dijk Sedih jika Liverpool Angkat Trofi Liga Inggris Tanpa Penggemar

"Perkembangan saya sejak datang ke Liverpool sudah bagus. Saya menjadi pemain yang serba bisa," kata Wijnaldum dikutip dari Goal.

"Saya terbiasa bermain sangat menyerang dan hanya saat menyerang. Sejak Piala Dunia dengan Louis Van Gaal pada 2014, peran saya lebih mengendalikan lini tengah dan itu berjalan bagus. Setelah itu saya tidak memainkan peran lini tengah lagi di PSV dan Newcastle," kata pemain 29 tahun itu melanjutkan.

Saat tiba di Anfield, Wijnaldum mengatakan Klopp justru melihat kelebihannya sebagai pemain bertahan yang harus serba bisa.

"Ketika berbicara dengan Klopp, dia melihat kemampuan saya untuk bermain lebih defensif, di mana saya harus menjadi pemain serba bisa," ujar Wijnaldum.

"Tidak mudah karena saya terbiasa bermain menyerang, tetapi perubahan peran itu membantu perkembangan saya. Sekarang saya merasa menjadi pemain yang lebih lengkap daripada saat baru tiba di Anfield," sambung dia.

Pada kesempatan sama, Wijnaldum juga mengungkapkan arti penting Juergen Klopp bagi timnya.

Baca juga: Euro 2020 Ditunda, FA Prioritaskan Kelanjutan Liga Inggris Musim Ini

Menurutnya, Juergen Klopp sebagai pelatih sukses meningkatkan kualitas pemain Liverpool.

"Pelatih berpengaruh besar pada karier saya. Dia telah membawa klub kembali ke performa terbaiknya dan Klopp adalah pelatih yang bagus," katanya.

"Para pemain memujinya, tentu saja, karena dia peduli dengan kami. Dia adalah pelatih yang bisa meningkatkan kualitas pemainnya."

"Saya dan Klopp juga memiliki hubungan pemain-pelatih yang bagus. Dia tahu banyak hal tentang saya yang tidak diketahui pelatih lain. Klopp menjadi orang yang sangat penting bagi saya," sambung Wijnaldum.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Goal
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X