Indonesia Masih Bolehkan Liga 1 Berjalan, Malaysia Tunda Kompetisi

Kompas.com - 13/03/2020, 21:20 WIB
Skuad timnas Malaysia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. DOK. FAMSkuad timnas Malaysia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.
|

KOMPAS.com – Ketika Indonesia masih memperbolehkan laga Liga 1 tetap digelar, Malaysia justru mengambil tindakan tegas dengan menangguhkan atau menghentikan sementara semua laga dalam kompetisi.

Melalui laman resmi Federasi Sepak bola Malaysia (FAM), keputusan tersebut bakal diberlakukan tertanggal 16 Maret 2020.

Keputusan menunda semua pertandingan tak hanya ditujukan untuk Liga Malaysia saja, tetapi juga beberapa turnamen seperti Liga Amatir (AFL), Piala Presiden, Piala Pemuda, dan Liga Futsal Malaysia (MPFL).

Keputusan tersebut telah disepakati oleh berbagai pihak di antaranya operator liga, National Sports Institute (ISN), Kementerian Kesehatan Malaysia (MOH), National Sports Council (MSN), dan sponsor di Wisma FAM, Kelana Jaya, Jumat (13/3/2020).

Baca juga: Pelatih Persib Harap Liga 1 Tetap Berjalan pada Jeda Internasional

Namun, Presiden FAM dan MFL, Datuk Haji Hamidin Haji Mohammad Amin, masih memberi pengecualian untuk pertandingan Liga Super CIMB dan Liga Premier berlangsung minggu ini dengan tidak dihadiri penonton.

"Menurut hasil pertemuan khusus hari ini, pertandingan Liga Super CIMB, Liga Premier, Piala Pemuda, dan MPFL 2020 dijadwalkan untuk hari ini, Sabtu dan Minggu akan berlanjut, tetapi tanpa pendukung di stadion setelah wabah virus corona yang telah melanda negara ini hari ini," ujar Hamidin dikutip dari laman resmi FAM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Setelah leg keempat pertandingan Liga Super CIMB dan Liga Premier minggu ini, kami telah memutuskan untuk menunda Liga Malaysia 2020, termasuk Piala FA dan badan pengatur FAM hingga kemudian," ucapnya.

"Meskipun pertandingan minggu ini berlanjut, kami menganggap serius virus corona dan tindakan pencegahan diambil di stadion," lanjutnya. 

Baca juga: Direktur PT LIB Menyatakan Bahwa Liga Indonesia Tetap Berjalan

"Ini adalah keputusan yang sulit, tetapi saya percaya ini adalah yang terbaik untuk para pemain, ofisial, pendukung, dan seluruh industri sepak bola," ujar Hamidin.

Lebih lanjut, Datuk Haji Hamidin juga menjelaskan soal timnas Malaysia untuk sementara tidak menjalani pertandingan persahabatan serta pemusatan latihan selama wabah virus corona.

Halaman:


Sumber FAM
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.