Euro 2020 Berpotensi Ditunda karena Covid-19 Pandemi Global

Kompas.com - 13/03/2020, 08:53 WIB
Trofi kejuaraan sepak bola Euro 2020 ditampilkan selama sesi Football in the city interiors sebagai bagian dari St. Petersburg Trofi kejuaraan sepak bola Euro 2020 ditampilkan selama sesi Football in the city interiors sebagai bagian dari St. Petersburg

KOMPAS.com - Virus corona, Covid-19, sudah menjadi pandemi karena menyebar hampir ke seluruh dunia. Akibatnya, semua aktivitas nyaris lumpuh, termasuk di dunia sepak bola.

Sejumlah tokoh sepak bola sudah terinfeksi. Terbaru, pemain belakang Juventus Daniele Rugani dan pelatih Arsenal, Mikel Arteta, sudah terjangkit virus tersebut.

Ini membuat sejumlah jadwal pertandingan di Eropa mengalami pergeseran. Bahkan, ada kemungkinan musim 2019-2020 bisa "dilewatkan".

Baca juga: Alasan UEFA Minta Euro 2020 Terus Bergulir di Tengah Covid-19

Tengok saja fakta yang sudah ada saat ini. Kompetisi Serie A, kasta tertinggi Liga Italia, dihentikan untuk sementara waktu setelah banyak orang di negara itu yang terinfeksi Covid-19.

Liga Spanyol dan Liga Inggris pun terkena imbas. Menyeberang ke Amerika Serikat, kompetisi bola basket NBA pun harus ditunda.

Situasi yang mengkhawatirkan ini membuat UEFA selaku badan tertinggi sepak bola Eropa, mulai memikirkan soal kelanjutan Liga Champions dan Liga Eropa 2019-2020 serta Euro 2020.

Menurut rencana, UEFA akan mengadakan konferensi pada Selasa, 17 Maret 2020, untuk membahas persoalan ini.

UEFA bergerak cepat setelah mendengar perubahan analisis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait Covid-19.

UEFA sudah mengundang perwakilan dari 55 anggota asosiasi, termasuk para anggota dewan Klub Eropa dan Liga Europa serta perwakilan FIFPro.

Mereka diminta mengikuti pertemuan melalui videoconference pada hari tersebut.

Baca juga: Kompetisi Olahraga di Italia Dihentikan, Bagaimana Kelanjutan Serie A dan Euro 2020?

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber UEFA
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X