Shopee Sayangkan Adanya Pernyataan Kontroversial dari Komentator Liga 1

Kompas.com - 10/03/2020, 17:20 WIB
Logo resmi Shopee Liga 1 2019 PT Liga Indonesia BaruLogo resmi Shopee Liga 1 2019

KOMPAS.com - Shopee selaku sponsor utama kompetisi Shopee Liga 1 2020 menyayangkan adanya pernyataan kontroversial dari komentator televisi saat menjalankan tugasnya memandu pertandingan.

Rama Sugianto yang menjadi komentator pertandingan Persita Tangerang vs PSM Makassar pada lanjutan pekan kedua Shopee Liga 1 2020, Jumat (6/3/2020), telah meminta maaf atas ucapannya yang melecehkan suporter perempuan.

Dalam pertandingan tersebut, kamera menyorot salah satu sudut tribune Stadion Utama Sport Center Kelapa Dua yang berisikan suporter perempuan Persita.

Saat itu, Rama Sugianto pun mengomentari keberadaan suporter perempuan tersebut dengan nada "melecehkan".

Baca juga: Komentator Liga 1 Keluarkan Pernyataan Kontroversial, O Channel Beri Tindakan Tegas

Sang komentator berbicara tentang fisik perempuan-perempuan yang datang ke stadion untuk mendukung Persita tersebut.

Dia menyoroti bagian tubuh perempuan dan menggambarkan mereka sebagai sasaran dari tatapan laki-laki.

Tidak lama seusai laga Persita vs PSM berakhir, beredar cuplikan video di media sosial ketika Rama Sugianto mengucapkan kalimat yang dinilai melecehkan suporter perempuan tersebut.

Kejadian tersebut sangat disayangkan oleh Shopee yang sangat mendukung kemajuan sepak bola Indonesia.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Pekan Kedua Shopee Liga 1 2020

"Kami sangat menyayangkan atas komentar yang keluar dari pembawa acara olahraga tersebut. Shopee tentu sangat tidak sependapat dengan testimoni itu," demikian rilis resmi Shopee yang diterima Kompas.com.

"Karena kami sebagai sponsor utama Shopee Liga 1, selain mendukung sepak bola Indonesia sebagai sarana hiburan masyarakat berharap agar tontonan olahraga terbesar di Indonesia bisa dinikmati semua orang, baik itu laki-laki maupun perempuan."

Atas kejadian tersebut, Rama Sugianto secara pribadi telah meminta maaf melalui akun Instagram pribadinya.

Baca juga: Klasemen Shopee Liga 1 2020 Pekan Kedua, Persib Kokoh di Puncak

"Saya pribadi sekali lagi mohon maaf sebesar-besarnya atas segala kesalahan dan segala khilaf saya kepada seluruh pencinta sepak bola Indonesia."

"Ini jadi pelajaran berharga buat saya. Insyaallah ke depan tidak akan terulang lagi," tulisnya di akun @rama_sugianto.

Sementara itu, pihak O Channel telah meminta maaf atas insiden tersebut dan sudah memberikan tindakan tegas kepada Rama Sugianto.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X