Ketua Viking Persib Club: Nuhun Aremania, Semoga Bisa Dilihat dan Ditiru Bobotoh

Kompas.com - 09/03/2020, 11:36 WIB
Bobotoh memberikan dukungan kepada Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Liga 1 2018. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHABobotoh memberikan dukungan kepada Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Liga 1 2018.
|

KOMPAS.COM - Ketua Umum Viking Persib Club (VPC), Heru Joko, berterima kasih kepada suporter Arema atau Aremania karena menyambut baik Persib Bandung ketika kedua tim berlaga di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (8/3/2020).

"Terima kasih kepada Aremania karena kemarin sudah memperlihatkan itikad baik. Perdamaian terus berproses. Kita suporter ingin menjadi lebih baik lagi," kata Heru kepada Kompas.com, Senin (9/3/2020).

Baca juga: Arema Vs Persib, Salut, Ini Aksi Mulia Aremania pada Maung Bandung

Perdamaian memang sudah diembuskan sejak awal laga. Hal itu bermula dari keputusan kepolisian mengizinkan bobotoh untuk datang ke Malang.

Heru lalu datang ke Malang untuk koordinasi. Namun melalui pertimbangan dan berkomunikasi dengan para pentolan Aremania, VPC mengambil sikap untuk tidak berangkat ke Malang.

Meskipun bobotoh tidak datang, Aremania tetap menjaga proses perdamaian. Hal tersebut tercermin dari aksi mulia Aremania sepanjang laga.

Bahkan saat Arema kalah, Aremania melakukan tindakan sportif. Hampir tidak terdengar nyanyian rasis di dalam stadion.

Setiap ada nada rasis yang muncul, Aremania lainnya langsung saling mengingatkan.

Pada awal babak kedua misalnya, salah satu sudut di tribune ekonomi terdengar menyanyikan lagu rasis, seketika itu pula Aremania dari sisi selatan berteriak tanda jangan diteruskan.

Setelah itu, tidak ada lagi chant rasis sekalipun terdengar dari sudut manapun. Semua Aremania kembali bernyanyi khusus untuk mendukung skuad Ebes Mario Gomez.

 

Bahkan, Esteban Vizcarra yang notabene eks Arema FC tak pernah Aremania gubris dengan olok-olokan ketika menyentuh bola.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X