Kompas.com - 07/03/2020, 19:47 WIB
Nova Arianto (kanan depan) saat datang menyaksikan laga Persela Lamongan kontra PSIS Semarang di Stadion Surajaya, Sabtu (7/3/2020). KOMPAS.com / HAMZAH ARFAHNova Arianto (kanan depan) saat datang menyaksikan laga Persela Lamongan kontra PSIS Semarang di Stadion Surajaya, Sabtu (7/3/2020).

LAMONGAN, KOMPAS.com - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto bersama salah seorang asisten pelatih Shin Tae-yong dari Korea Selatan, terlihat menyaksikan pertandingan Persela Lamongan menghadapi PSIS Semarang di Stadion Surajaya, Sabtu (7/3/2020) sore.

Nova mengatakan kalau kedatangannya ke Lamongan memang tugas langsung dari Shin Tae-yong untuk memantau pemain Shopee Liga 1 2020 yang layak untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Mantan bek Persib Bandung itu mengutarakan kalau tugasnya adalah memantau pemain-pemain di luar mereka yang menjadi langganan tim nasional.

Baca juga: Klasemen Liga 1 2020 Usai Persela kalah dari PSIS Semarang

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut mengenai apakah ada pemain yang pantas memperkuat Timnas Indonesia, baik dari Persela maupun PSIS, Nova tidak mengutarakan apa-apa.

Ia menyatakan kalau keputusan akhir tetap ada di bawah kendali Shin sebagai pelatih kepala timnas.

"Pasti ada, tetapi nanti akan saya sampaikan kepada coach Shin dan hasil akhir pasti ada di coach Shin. Dari kedua tim," kata Nova kepada awak media saat ditemui pada jeda pertandingan Persela menghadapi PSIS di Stadion Surajaya, Lamongan.

"Kemarin dari Kediri (Persik). Kita bagi-bagi tugas, ada yang di Banjarmasin, ada yang di Bali. Hasilnya nanti akan kita rapatkan lagi, setelah kita kembali," tutur dia.

Baca juga: Hasil Persela Vs PSIS, Dua Gol Rafinha Tak Bisa Selamatkan Wajah Tuan Rumah

Saat dikonfirmasi lebih lanjut mengenai kriteria pemain yang layak memperkuat Timnas Indonesia, Nova tanpa ragu menyebut para pemain yang mau kerja keras di lapangan.

Selain tentunya, skill yang memang mumpuni dari sang pemain.

"Kriteria pemain yang dibutuhkan, pasti pemain yang mau kerja keras, agresif, itu yang coba kami pantau. Kalau skill pasti, tapi ada sisi lain seperti mental petarung dan pekerja keras di lapangan, itu yang kita cari," ucap dia.

Nova pun tidak menampik jika komposisi pemain yang kerap menghuni Timnas Indonesia bisa saja berubah.

Asalkan, mereka menemukan sosok di luar pemain reguler yang memiliki kemampuan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.