Kompas.com - 29/02/2020, 12:00 WIB
Pemain asing Persebaya Surabaya Mahmoud Eid (tengah) dan David Da Silva (kanan) saat semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 melawan Arema FC yang berakhir dengan skor 4-2 di Stadion Soeprijadi Blitar, Jawa Timur, Selasa (18/02/2020) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPemain asing Persebaya Surabaya Mahmoud Eid (tengah) dan David Da Silva (kanan) saat semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 melawan Arema FC yang berakhir dengan skor 4-2 di Stadion Soeprijadi Blitar, Jawa Timur, Selasa (18/02/2020) sore.

KOMPAS.com - Perkembangan sepak bola Jawa Timur selalu menarik untuk dibahas. Tak terkecuali sekarang, jelang pagelaran Shopee Liga 1 2020.

Kultur sepak bola yang kental ditambah dengan antusiasme masyarakat membuat olahraga si kulit bundar berkembang subur di provinsi paling ujung Pulau Jawa tersebut.

Selain fakta di atas, ada lima fakta menarik lain yang sudah dirangkum KOMPAS.com :

1. Memiliki 5 Tim yang Berlaga di Kasta Tertinggi

Persebaya Surabaya menjadi juara Piala Gubernur Jatim 2020 setelah mengalahkan Persija Jakarta pada partai final yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (20/2/2020.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Persebaya Surabaya menjadi juara Piala Gubernur Jatim 2020 setelah mengalahkan Persija Jakarta pada partai final yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (20/2/2020.

Liga 1 musim 2020 akan diramaikan oleh lima tim asal Jawa Timur: Persik Kediri, Arema FC, Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, dan Madura United.

Kelima tim ini sekaligus membuat Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah kontestan Shopee Liga 1 2020 terbanyak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jawa Timur juga menjadi Asosiasi Provinsi (Asprov) dengan jumlah klub profesional paling banyak, yakni tujuh klub (Liga 1 dan Liga 2) dan peserta Liga 3 2019 terbanyak dengan kurang lebih 40 tim.

Baca juga: Persebaya Vs Persik - Rachmat Irianto: Ini Surabaya, Kandang Kami!

Perkembangan ini membuat legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, berdecak kagum. Dia memuji sepak bola Jawa Timur layak menjadi percontohan untuk wilayah-wilayah di Indonesia lainnya.

 2. Empat Pelatih Lokal dan Seorang Pelatih Asing

Pelatih Arema FC asal Argentina untuk musim 2020, Mario Gomez.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pelatih Arema FC asal Argentina untuk musim 2020, Mario Gomez.

Musim ini, empat dari lima kontestan asal Jawa Timur memercayakan kemudi kapal mereka kepada pelatih-pelatih lokal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.