Persebaya Keberatan dengan Rencana PSSI Gelar TC Timnas pada Maret 2020

Kompas.com - 29/02/2020, 07:10 WIB
Pemain muda Persebaya Surabaya musim 2020, Supriadi (kanan) dan Koko Ari Araya (kiri). KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPemain muda Persebaya Surabaya musim 2020, Supriadi (kanan) dan Koko Ari Araya (kiri).

SURABAYA, KOMPAS.com - Persebaya Surabaya telah menerima surat dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) bernomor 775/UDN/454/II-2020 mengenai informasi pemusatan latihan timnas pada 10-31 Maret 2020 mendatang.

Sekretaris Persebaya, Ram Surahman, mengaku keberatan dengan rencana pemusatan latihan timnas tersebut.

"Bagi Persebaya, pemusatan latihan timnas ysng direncanakan pada Maret itu tidak sesuai dengan komitmen PSSI," ujar Ram.

Baca juga: Ditunjuk sebagai Kapten Persebaya, Makan Konate Beri Tanggapan

Persebaya keberatan karena berpegang pada komitmen PSSI saat awal kepengurusan dulu, bahwa TC timnas tak akan ganggu jadwal kompetisi.

Menurut Ram, sebelumnya PSSI berkomitmen bahwa jadwal TC timnas tidak akan mengganggu jadwal kompetisi peserta Liga 1.

Hal itu juga telah disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

"Itu kesepakatan yang jelas disampaikan Ketum PSSI pada seluruh klub peserta liga 1," ujar Ram.

Akibat pemusatan latihan timnas tersebut, Persebaya terancam kehilangan beberapa pemain dalam mengarungi Liga 1 2020.

Pada pemanggilan sebelumnya, sebanyak tiga pemain Persebaya dipanggil oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yakni Hansamu Yama, Rachmat Irianto dan Koko Ari.

PSSI sendiri pernah berkomitmen untuk tidak mengganggu agenda kompetisi dengan cara memanggil pemain satu pekan sebelum FIFA Match Day.

Baca juga: Persebaya Vs Persik, 50 Ribu Tiket Ludes Terjual

Namun, PSSI membuat kebijakan baru dengan menggelar TC pada Maret 2020.

"Kesepakatan, TC Timnas akan dilakukan sepekan sebelum FIFA Match Day, Oleh karena itu, jadwal kompetisi sepekan sebelum FIFA Match Day diliburkan," ujar Ram.

Pemusatan latihan yang dilakukan Maret ini dilakukan PSSI sebagai persiapan menghadapi Thailand pada 26 Maret 2020, dan Uni Emirat Arab pada 31 Maret 2020.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X