Olimpiade Tokyo 2020, Perarakan Obor Api Dimulai dari Lokasi Tsunami

Kompas.com - 24/02/2020, 21:46 WIB
Aktris Yunani Katerina Lechou (kanan) memainkan peran sebagai Pendeta Agung dengan menyalakan obor dalam upacara tradisional Penyalaan Api untuk Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, di Kuil Hera, Kota Olympia, Yunani, Selasa (24/10/2017). Obor Olimpiade ini akan tiba di Korea Selatan pada 1 November mendatang dan akan dibawa keliling dalam estafet yang akan berakhir 100 hari kemudian, bertepatan dengan upacara pembukaan di Pyeongchang, 9 Februari 2018. AFP PHOTO/ARIS MESSINISAktris Yunani Katerina Lechou (kanan) memainkan peran sebagai Pendeta Agung dengan menyalakan obor dalam upacara tradisional Penyalaan Api untuk Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, di Kuil Hera, Kota Olympia, Yunani, Selasa (24/10/2017). Obor Olimpiade ini akan tiba di Korea Selatan pada 1 November mendatang dan akan dibawa keliling dalam estafet yang akan berakhir 100 hari kemudian, bertepatan dengan upacara pembukaan di Pyeongchang, 9 Februari 2018.

TOKYO, KOMPAS.com - Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 menempatkan Tohogu sebagai awal mula perarakan obor api di wilayah Jepang.

Laman kyodonews.net menulis, Tohogu berlokasi di timur laut Jepang.

Baca juga: Otoritas Fukushima Pastikan Pawai Obor Olimpiade Aman dari Ancaman Radiasi

Kawasan itu pernah dilanda gempa bumi dan tsunami pada 2011.

Kala itu, bencana alam tersebut menewaskan sedikitnya 16.000 orang.

Di Jepang, perarakan obor api dilaksanakan pada 26 Maret 2020.

Obor api akan melalui 47 prefektur di Jepang.

Obor Olimpiade 2020 saat dipamerkan ke publik pada 1 Juni 2019 di Tokyo. AFP/BEHROUZ MEHRI Obor Olimpiade 2020 saat dipamerkan ke publik pada 1 Juni 2019 di Tokyo.

Kemudian, obor api akan memasuki kawasan pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional Tokyo pada 24 Juli.

Athena

Senja di situs bersejarah Temple of Poisedon di Athena, YunaniDok. Shutterstock Senja di situs bersejarah Temple of Poisedon di Athena, Yunani

Sebelumnya, obor api Olimpiade Tokyo 2020 akan melewati lokasi bersejarah pelaksanaan Olimpiade Kuno di Yunani.

Perjalanan mengunjungi situs itu akan memakan waktu delapan hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Kyodo News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X