Arab Saudi, Negeri Konservatif yang Kini Berambisi Helat Formula 1

Kompas.com - 23/02/2020, 17:20 WIB
Rancangan sirkuit di Qiddiya, Arab Saudi yang akan dibangun untuk lokasi balap Formula 1. Picasa via www.grandprix247.comRancangan sirkuit di Qiddiya, Arab Saudi yang akan dibangun untuk lokasi balap Formula 1.
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Otoritas di Arab Saudi belum lama ini mengumumkan rencana negera tersebut untuk menjadi tuan rumah seri Formula 1 pada musim 2023.

Cikal bakal sirkuit F1 di Arab Saudi direncanakan dibangun di Qiddiya, salah satu lokasi yang berjarak sekitar 30 mil dari Ibu Kota Negara, Riyadh.

Mike Reininger, CEO Qiddiya Investment Company yang ada di belakang proyek ini, mengatakan bahwa Arab Saudi punya obsesi ingin menghelat semua ajang olahraga motor kelas dunia.

"Kami sedang membangun sehingga kami dapat menjadi tuan rumah acara MotoGP, WEC, acara kejuaraan regional dan nasional, dan semuanya sampai akhirnya F1," kata Reininger kepada Motorsport.com.

"Kami sedang membangun fasilitas, sehingga kami akhirnya dapat menyelenggarakan acara olahraga motor terbesar dan terbaik di semua kategori. Grade 1-nya, Anda tahu, identik dengan F1. Jadi kami berharap hal itu akan terjadi pada kami," ucap dia.

Qiddiya merupakan lokasi yang menjadi tempat berlangsungnya seri terakhir Reli Dakar, Januari silam.

Baca juga: Tawarkan Visa Turis hingga Izinkan Pasangan Tak Menikah Menginap Sekamar, Ini Cara Arab Saudi Genjot Sektor Pariwisata

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dua bulan sebelumnya, Arab Saudi juga menjadi lokasi perhelatan ajang balap Formula E yang digelar di Diriyah, kota yang menawarkan wisata sejarah dan sudah ditetapkan jadi warisan budaya oleh Unesco.

Dalam beberapa tahun terakhir, Arab Saudi memang makin gencar mengajukan diri jadi lokasi tuan rumah pertandingan olahraga tingkat dunia.

Akhir Desember, digelar laga Piala Super Italia yang mempertemukan Juventus vs Lazio.

Ketika itu, laga bergulir di Stadion King Saud University, Riyadh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X