Kompas.com - 20/02/2020, 18:50 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Hasil positif dituai Persib Bandung dalam rangkaian uji tanding yang dilakoni pada pramusim 2020. Klub berjulukan Maung Bandung itu sudah melakoni tujuh uji tanding dengan hasil lima menang dan dua kalah.

Lima kemenangan dicatatkan saat jumpa Hanoi FC (2-0), Melaka United (3-1), Barito Putera (2-0), Persis Solo (2-0), dan PSS Sleman (2-0). Sementara dua laga melawan Selangor FA (0-3) dan PSCS Cilacap (1-3) berakhir dengan kekalahan.

Meski demikian, dalam dua pertandingan yang berakhir dengan hasil negatif itu Persib tidak turun dengan skuat utamanya. Saat menjajal kekuatan Selangor FA dan PSCS, Persib tampil dengan skuat lapis kedua.

Baca juga: Persebaya Juara Piala Gubernur Jatim, Bukti Peran Penting Makan Konate

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, enggan fokus pada hasil akhir. Menurut dia, hasil akhir pertandingan tidaklah penting dalam uji tanding.

Pasalnya esensi dari uji tanding adalah mengukur sejauh mana kesiapan pemain menghadapi kompetisi.

Oleh karena itu, fokus utama dalam uji tanding bukanlah hasil akhir. Melainkan perkembangan yang diperlihatkan pemain pada aspek fisik hingga kemampuan mereka dalam memahami taktik dan strategi yang akan diterapkan pada kompetisi nanti.

Selain itu, uji tanding pun digelar untuk mengasah kekompakan tim. Pasalnya, pada awal musim kebanyak tim melakukan perombakan pada skuatnya.

Ada pemain yang masuk dan keluar. Maka, uji tanding pun digelar untuk memadukan permainan antara pemain baru dan lama,

"Di masa pramusim, hasil di uji coba bukan yang dicari. Kami fokus pada perkembangan pemain. Perkembangan dalam stamina dan mulai mencari formula dari tim, formasi (yang digunakan)," kata Robert.

"Dan sekarang fokus kami lebih kepada perkembangan tim dan ketika liga mulai, hasil bagus akan datang," sambung dia, di Stadion Siliwangi, Kamis (20/2/2020).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.