Diganti Quique Setien, Ini Rekor Valverde Selama Melatih Barcelona

Kompas.com - 14/01/2020, 10:29 WIB
Ekspresi pelatih FC Barcelona, Ernesto Valverde, dalam laga Liga Spanyol kontra Real Madrid di Stadion Camp Nou, Barcelona pada 6 Mei 2018.
LLUIS GENE/AFPEkspresi pelatih FC Barcelona, Ernesto Valverde, dalam laga Liga Spanyol kontra Real Madrid di Stadion Camp Nou, Barcelona pada 6 Mei 2018.

KOMPAS.com - Barcelona dan Ernesto Valverde telah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kerja sama mereka.

Ernesto Valverde resmi diberhentikan dari jabatan kursi pelatih Barcelona setelah menuai hasil buruk pada awal tahun 2020 dan telah diganti  Quique Setien.

Barcelona di La Liga, kasta tertinggi Liga Spanyol, menuai hasil imbang kontra Espanyol pada Minggu (5/1/2020) dengan skor 2-2.

Berselang lima hari kemudian, Barcelona harus memupus harapannya berlaga di final Piala Super Spanyol setelah kalah dengan Atletico Madrid di semifinal.

Baca juga: 6 Fakta Quique Setien, Pelatih Baru Barcelona

Pada laga yang dihelat pada Jumat (10/1/2020) tersebut, tim asuhan Ernesto Valverde menelan kekalahan dengan skor 2-3.

Setelah laga berakhir, banyak rumor mengatakan bahwa pelatih berusia 55 tahun itu akan diberhentikan dari jabatan pelatih Barcelona.

Bahkan, legenda Barcelona yang berposisi sebagai pemain tengah yang kini melatih klub Qatar, Al Sadd, Xavi Hernandez, dikabarkan akan menggantikan posisi Ernesto Valverde.

Hingga pada Senin (13/1/2020) atau Selasa dini hari WIB, Ernesto Valverde pun diberhentikan dari kursi jabatan pelatih Barcelona dan diganti Quique Setien.

Pengumuman tersebut diumumkan melalui halaman resmi Barcelona baik di situs maupun di akun media sosial Barcelona.

Ernesto Valverde sendiri bisa dikatakan tidak terlalu buruk dalam mengembankan tugas melatih Blaugrana, julukan Barcelona.

Bahkan, sebenarnya dia memiliki catatan yang cukup baik. Bersama Barcelona, Valverde sudah mencatatkan 144 pertandingan.

Baca juga: Barcelona Resmi Perkenalkan Quique Setien sebagai Pelatih Baru

Dari 144 pertandingan tersebut, Valverde meraih 97 kemenangan, 32 imbang, dan 15 kalah. Selain itu, Barcelona selama era Valverde berhasil mencetak 337 gol dan 122 kebobolan, dengan presentasi kemenangan 67 persen.

Bersama Barcelona, pelatih berusia 55 tahun itu sudah memenangkan empat gelar, di antaranya dua gelar La Liga (2017-2018, 2018-2019), satu gelar Copa del Rey (2017-2018), dan satu gelar Piala Super Spanyol (2018-2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X