Persebaya vs Persis, Penjelasan soal Adanya Kamera di Dada Wasit

Kompas.com - 13/01/2020, 08:20 WIB
Tabrani, wasit yang memimpin menggunakan kamera di dada saat pertandingan bertajuk Forever Game ujicoba Persebaya Surabaya melawan Persis Solo di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/01/2020) malam. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUTabrani, wasit yang memimpin menggunakan kamera di dada saat pertandingan bertajuk Forever Game ujicoba Persebaya Surabaya melawan Persis Solo di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/01/2020) malam.

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Ada hal menarik di pertandingan bertajuk "Forever Game" uji coba Persebaya Surabaya vs Persis Solo di Gelora Bung Tomo Surabaya.

Dalam laga Persebaya vs Persis yang berakhir 4-0 untuk kemenangan tuan rumah itu, sang wasit tampak memasang kamera GoPro di dada.

Media Officer Persebaya, Nanang, menjelaskan bahwa pemasangan kamera di dada wasit tersebut merupakan inisiatif panpel Persebaya yang bertujuan untuk mengedukasi Bonek dalam melihat jalannya pertandingan dari sudut pandang wasit.

Baca juga: Presiden Persebaya Beri Kode Datangkan Makan Konate pada Bursa Transfer

"Pemasangan kamera GoPro tersebut tidak terkait dengan VAR atau apa. Kami ingin memberikan tayangan bagaimana jalannya pertandingan dari sudut pandang wasit kepada Bonek," kata Nanang.

Lebih lanjut, menurut Nanang, apabila teknologi tersebut diterapkan dalam laga resmi dapat membantu pengawas pertandingan untuk melihat peristiwa yang terjadi saat pertandingan dari sudut pandang wasit.

"Itu sebenarnya bisa membantu match commissioner di luar pertandingan untuk melihat siapa yang berbuat buruk dan siapa yang berbicara segala macam saat pertandingan," tutur Nanang.

Nanang juga menjelaskan bahwa hal tersebut adalah inisiatif dari pihak panpel Persebaya Surabaya yang terinspirasi dari laga di luar negeri yang telah menerapkan teknologi tersebut.

"Kalau saya rasa di Indonesia belum ada, tetapi kalau di luar negeri sudah ada yang menerapkan hal tersebut."

"Kami terinspirasi dari luar negeri dan pemasangan kamera tersebut tidak menganggu kinerja wasit di lapangan," ucap Nanang.

Baca juga: Pelatih Persebaya Puji Duet Irfan Jaya dan Patrich Wanggai

Hasil dari rekaman kamera yang terpasang di dada wasit itu tidak serta merta dapat diakses melalu siaran langsung atau streaming yang disaksikan oleh penonton.

Hasil rekaman akan masuk ke panpel terlebih dahulu dan akan dilihat secara detail peristiwa yang terjadi di lapangan sebelum nantiya video tersebut ditayangkan.

"Ini masih buat trial saja, untuk lihat hasilnya seperti apa, lihat di YouTube Official Persebaya Surabaya," kata Nanang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X