PSSI Pertanyakan Hukuman Berat FIFA pada Indonesia ketimbang Malaysia

Kompas.com - 10/01/2020, 11:40 WIB
Komjen Pol Mohamad Irawan atau Iwan Bule saat diwawancara sejumlah wartawan terkait dukungan sejumlah Asprov dan klub sepakbola di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (27/8/2019) KOMPAS.com/HENDRA CIPTA Komjen Pol Mohamad Irawan atau Iwan Bule saat diwawancara sejumlah wartawan terkait dukungan sejumlah Asprov dan klub sepakbola di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (27/8/2019)
|

KOMPAS.comPSSI mempertanyakan keputusan FIFA yang dinilai memberikan sanksi lebih berat bagi Indonesia ketimbang Malaysia saat kerusuhan suporter di Stadion Bukit Jalil.

Oleh karena itu, PSSI dalam waktu dekat bakal mengirimkan wakil mereka untuk menemui FIFA terkait duduk perkara sanksi saat laga Kulaifikasi Piala Dunia 2022.

Informasi terkait pertemuan Indonesia kepada FIFA disampaikan langung oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

FIFA sejatinya tak hanya memberikan sanksi kepada Malaysia namun juga Indonesia terkait kerusuhan suporter.

Baca juga: Shin Tae-yong Datang, PSSI Bentuk Struktur Kepelatihan di Timnas

Sayangnya, FIFA menjatuhi hukuman lebih berat bagi Indonesia dengan menggelar laga kandang terakhir timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia tanpa penonton.

Padahal, kasus yang terjadi tak hanya melibatkan kerusuhan di dalam stadion, tetapi juga aksi pengeroyokan suporter Indonesia yang dilakukan oknum suporter Malaysia.

Namun, FIFA menilai telah terjadi pelanggaran disiplin pemain dan ofisial serta keamanan saat laga Indonesia melawan Malaysia pada 19 November 2019.

Selain menerima hukuman tanpa penonton, Indonesia juga harus membayar denda senilai Rp 2,8 miliar.

Baca juga: Malaysia Kena Sanksi FIFA atas Kericuhan terhadap Suporter Indonesia

Ini menjadi sanksi kedua dari FIFA kepada federasi sepak bola Indonesia.

Sebelumnya, PSSI juga harus membayar denda sebesar Rp 643 juta terkait insiden saat menjamu Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 5 September 2019.

Halaman:


Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X