Kompas.com - 10/01/2020, 02:00 WIB
Pemain NFL, Jay Ajayi, berpose dengan bek Arsenal, Hector Bellerin, di Dignity Health Sports Park, California, Amerika Serikat pada Juli 2019. INSTAGRAM.com/jaytrainPemain NFL, Jay Ajayi, berpose dengan bek Arsenal, Hector Bellerin, di Dignity Health Sports Park, California, Amerika Serikat pada Juli 2019.

KOMPAS.com - Mantan pemenang Super Bowl (turnamen tertinggi American Football), Jay Ajay, memutuskan berhenti dari olahraga yang ia tekuni tersebut untuk menjadi pemain FIFA profesional.

Jay Ajayi sebelumnya memperkuat Philadelphia Eagles dan menjadi bagian dari tim pemenang Super Bowl 2017.

Ia banting setir menjadi pemain FIFA profesional ketika menjadi free agent setelah dilepas oleh The Eagles pada Desember 2019.

Pemain berusia 26 tahun tersebut akan memperkuat tim Major League Soccer (MLS) Philadelphia Union untuk musim eMLS Cup 2020.

Baca juga: Presiden Baru Lega Serie A dan Problem Menumpuk di Liga Italia

"Philadelphia punya tempat spesial di hati saya. Sungguh kehormatan luar biasa untuk mewakili kota ini melalui eSports dan menjadi salah satu atlet pro yang menjadi gamer profesional," tulisn pemain kelahiran London, Inggris, tersebut dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari TMZ Sports.

"Mewakili Philadelphia Union untuk eMLS menggabungkan dua passion saya di luar American Football, sepak bola dan gaming. Saya seorang pesaing, sehingga Anda akan melihat saya memberikan segalanya bagi Union dalam semua event tahun ini."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jay Ajayi bisa dikatakan sebagai salah satu pelopor bagi seorang atlet profesional untuk banting setir menjadi gamer profesional.

Baca juga: Kontrol Pikiran yang Membuat Jonatan Christie Lewati Wakil Denmark

Akan tetapi, legenda-legenda olahraga Amerika Serikat seperti Michael Jordan, Magic Johnson, Shaquille O'Neal, serta Alex Rodriguez telah melakukan investasi ke dunia eSports sejak beberapa waktu lalu.

Banyak franchise basket dan sepak bola Amerika Serikat memiliki tim eSports mereka sendiri.

Sementara, The Verge mengutarakan bahwa kompetisi-kompetisi Overwatch dan Call of Duty kini menerapkan struktur turnamen seperti olahraga tradisional dengan mereka mewakili kota-kota tertentu.

Ajayi akan berkompetisi di eMLS Cup 2020 yang akan dimulai di Philadelphia pada 10 Januari 2020.

Namun, ia juga tak menutup karier lanjutan di NFL mengingat usianya yang masih prima.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.