Lewis Hamilton Ingin Ada Keberagaman di F1

Kompas.com - 09/01/2020, 11:00 WIB
Lewis Hamilton dengan rambut gimbal -Lewis Hamilton dengan rambut gimbal
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Sudah enam kali gelar juara dunia yang dikoleksi Lewis Hamilton di ajang Formula 1.

Jika mampu menambah dua kali lagi, maka ia akan melewati rekor Michael Schumacher dan menjadi pebalap Formula 1 tersukses sepanjang sejarah.

Namun, selain mengejar rekor juara, ada misi lain yang ternyata sedang dikejar oleh pebalap Inggris yang sudah berusia 35 tahun itu.

Ia ingin agar suatu saat nanti F1 diikuti pebalap dengan beragam ras. Menurut Hamilton, membantu meningkatkan keberagaman di F1 akan menjadi prioritas jangka panjangnya.

F1 memang didominasi ras kulit putih. Sangat jarang ada pebalap dari ras lain yang berpartisipasi.

Hamilton tercatat menjadi pebalap kulit hitam pertama dan satu-satunya di F1. Karena itu, ia bersumpah untuk bekerja bersama dengan FIA untuk membantu memperbaiki situasi tersebut.

Hamilton memang sering angkat bicara mengenai keprihatinannya tentang kurangnya keberagaman dalam kejuaraan balap mobil paling prestisius di dunia itu.

Hal itu tak lepas dari pelecehan rasial yang dialaminya pada masa lalu saat menapaki karier di level junior.

Berbicara tentang keprihatinannya pada seri terakhir musim 2019 di Abu Dhabi, Hamilton mengatakan sudah berupaya berpikir keras untuk memecahkan persoalan yang menjadi konsen pribadinya itu.

Ia pun menemukan permasalahan terletak pada semakin mahalnya biaya untuk ikut pada kejuaraan di level junior.

Baca juga: Mungkinkah F1 Diubah Jadi Balap Mobil Listrik?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X