Malaysia Kena Sanksi FIFA atas Kericuhan terhadap Suporter Indonesia

Kompas.com - 08/01/2020, 16:08 WIB
Pesepak bola timnas Indonesia, Evan Dimas melakukan tendangan ke arah timnas Malaysia saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Tim nasional Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia dengan skor 2-3. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPesepak bola timnas Indonesia, Evan Dimas melakukan tendangan ke arah timnas Malaysia saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Tim nasional Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia dengan skor 2-3.

KOMPAS.comFIFA telah memutuskan untuk memberikan sanksi pada federasi sepak bola Malaysia atas kericuhan suporter saat laga melawan timnas Indonesia.

Seperti diketahui, insiden kurang mengenakkan terjadi antara suporter tuan rumah dengan Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada 19 November 2019 lalu.

Pendukung skuad Garuda sempat tertahan beberapa lama di tribune Stadium Nasional Bukit Jalil, Malaysia.

Saat itu, sebagian suporter Malaysia mencoba memprovokasi pendukung timnas Indonesia dengan berkumpul di depan Pintu E stadion.

Baca juga: Shin Tae-Yong Bicara Prospek Timnas Indonesia Empat Tahun ke Depan

Akibatnya, suporter Indonesia tidak bisa keluar dari dalam stadion.

Buntut dari masalah tersebut, federasi sepak bola Malaysia menerima sanksi.

Hal ini sebagaiman dikutip BolaSport dari Fox Sports Malaysia pada Rabu (8/1/2020).

Aksi pendukung Malaysia pada laga melawan timnas Indonesia di Stadion Nasional, Bukit Jalil, dinilai melebihi batas kewajaran.

Baca juga: Eks Pelatih Timnas U19 Malaysia Akui Fanatisme Suporter Indonesia

FIFA memutuskan bahwa FA Malaysia melanggar pasal 16 dan 26 Undang-undang FIFA.

Alhasil, FA Malaysia harus membayar denda sebesar 50.000 Franc Swiss atau setara dengan Rp 715 juta.

Halaman:


Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X