Sadio Mane Sabet Penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2019

Kompas.com - 08/01/2020, 07:00 WIB
Sadio Mane sujud syukur seusai mencetak gol pada pertandingan Liverpool vs Leicester City dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, 5 Oktober 2019. AFP/PAUL ELLISSadio Mane sujud syukur seusai mencetak gol pada pertandingan Liverpool vs Leicester City dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, 5 Oktober 2019.

KOMPAS.com - Bintang timnas Senegal sekaligus Liverpool, Sadio Mane, dinobabtkan sebagai Pemain Terbaik Afrika 2019.

Mane berhasil mengalahkan rekan setimnya di Liverpool, Mohamed Salah (Mesir), dan Riyad Mahrez (Manchester City/Aljazair), dalam malam penganugerahan yang dihelat di Hurghada, Mesir, Selasa (7/1/2020) atau Rabu dini hari WIB.

Mane meraih 477 suara, Salah 325 suara, dan Mahrez 267 suara.

Ini merupakan kali pertama Mane dinobatkan sebagai pemain terbaik Afrika.

Baca juga: 5 Skenario Besar dalam Bursa Transfer, Neymar, Pogba dan Mane ke Real Madrid

Sebelumnya, winger 27 tahun itu selalu menduduki posisi runner-up dalam dua edisi sebelumnya, dan peringkat ketiga pada 2016.

"Sepak bola adalah perkerjaan saya. Saya benar-benar senang dan bangga bisa memenangi penghargan ini," tutur Mane dalam pidatonya, seperti dilansir dari BBC.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga saya, tim nasional saya, staf, federasi dan Liverpool. Ini hari yang besar bagi saya," Mane menambahkan.

Mane memang tampil brilian sepanjang 2019. Ia pernah diganjar trofi sepatu emas dengan torehan 22 golnya di Liga Inggris 2018-2019.

Baca juga: Mulai Musim Depan, Liverpool Kenakan Jersey Produksi Nike

Mane juga berhasil mengantarkan Liverpool meraih tiga gelar bergengsi, yakni Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Sementara itu, di level internasional, Mane berhasil mengantarkan timnas Senegal menjadi runner-up Piala Afrika 2019.

Penghargaan lainnya

Selain pemain terbaik Afrika 2019, acara yang dimotori oleh Federasi Sepak Bola Afrika (CAF) itu juga mengumumkan beberapa penghargaan bergengsi lainnya.

Beberapa penghargaan tersebut di antaranya gol terbaik, pemain muda terbaik, dan federasi sepak bola terbaik.

Penghargaan gol terbaik dimenangi oleh Riyad Mahrez, pemain muda terbaik jatuh ke tangan Achraf Hakimi (Borussia Dortmund/Maroko), dan federasi sepak bola terbaik diberikan kepada Mesir.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X