Musim 2020, Pemain Indonesia Berpeluang Main di Liga Korea Selatan

Kompas.com - 04/01/2020, 12:20 WIB
Trofi Liga Korea Selatan, K League. TWITTER.com/KLEAGUETrofi Liga Korea Selatan, K League.

KOMPAS.com - Menyusul aturan baru yang dikeluarkan K-League, kasta tertinggi Liga Korea Selatan, untuk musim 2020, pemain Indonesia kini berpeluang untuk bermain di Negeri Ginseng tersebut.

K-League resmi memberlakukan aturan minimal harus ada satu pemain ASEAN yang merumput pada musim 2020.

Rencana ini sebenarnya sudah muncul sejak beberapa bulan lalu. Namun, pihak K-League baru mengumumkan pengesahannya pada Jumat (3/1/2020).

Dilansir dari Yonhap News Agency, masing-masing klub K-League boleh memiliki lima pemain asing untuk mengarungi musim 2020.

Lima pemain asing tersebut terdiri dari tiga pemain dengan negara mana pun, satu negara dari anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dan satu lagi dari negara ASEAN (Asia Tenggara).

Baca juga: PSSI Akan Tambah Kursus Kepelatihan pada 2020

Adapun negara yang merupakan anggota ASEAN adalah Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Selain soal kuota pemain asing ASEAN, aturan baru lain dari K-League pada musim 2020 adalah terkait skorsing atau hukuman akibat hukuman kartu, batas minimal gaji pemain, dan rumput lapangan.

Untuk musim 2020, hukuman satu laga akan diberikan bagi pemain yang menerima lima kartu kuning, plus satu skorsing lagi setiap tambahan tiga kartu kuning.

Jika seorang pemain sudah dua kali diskors karena hukuman tersebut, setelahnya pemain tersebut akan diskors satu laga dengan hanya menerima dua kartu kuning.

Sementara itu, untuk gaji, kini setiap pemain menerima minimal 24 juta won (sekitar Rp 287 juta) dari yang sebelumnya 20 juta won.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X