Kuota Pemain Asing Bertambah, Upaya IBL Naikkan Daya Saing

Kompas.com - 02/01/2020, 21:20 WIB
Pemain asing untuk Indonesian Basketball League (IBL) 2020 diperkenalkan pada acara IBL Expose di CGV Arena,FX Sudirman, Jakarta, 13 Desember 2019. Dok. IBLPemain asing untuk Indonesian Basketball League (IBL) 2020 diperkenalkan pada acara IBL Expose di CGV Arena,FX Sudirman, Jakarta, 13 Desember 2019.

KOMPAS.com - Indonesian Basketball League ( IBL) kembali mengalami perubahan peraturan. Untuk musim 2020, kuota pemain asing di setiap tim ditambah.

Sebelumnya, pada tahun lalu, setiap tim peserta IBL hanya diperbolehkan mengambil dua pemain asing.

Namun, untuk tahun ini, penyelenggara memperbolehkan setiap tim untuk memiliki tiga pemain asing, meski hanya boleh dua pemain yang tampil secara bersamaan.

Baca juga: 2 Kali Final Saat Pramusim, Amartha Hangtuah Optimistis Tatap IBL 2020

Direktur Utama IBL Junas Miradarsyah menyatakan, penambahan kuota pemain asing dari dua menjadi tiga orang merupakan upaya menambah daya saing.

"Dengan kuota tiga pemain asing akan semakin membuat persaingan di liga ketat," ujar Junas saat ditemui di Jakarta pada Desember 2019 lalu.

"Nantinya, faktor kecocokan dan meramu pemain asing menjadi faktor yang cukup berpengaruh."

Para pemain asing sendiri sudah diperkenalkan kepada para awak media dalam acara IBL Expose di CGV Arena, FX Sudirman, Jakarta, Jumat (13/12/2019) lalu.

Semua tim IBL memilih tiga pemain asing pada IBL Draft 2019 yang digelar sebulan sebelumnya.

Total ada 27 pemain asing yang terbagi ke sembilan klub peserta IBL.

Para pemain impor tersebut memiliki tinggi badan rata-rata 192 cm, dengan Black Ty Truman (Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja) sebagai yang tertinggi, yaitu 199 cm.

Baca juga: IBL Kedatangan Klub Basket Baru untuk Kompetisi Musim 2020

IBL 2020 sendiri akan dimulai dengan seri pertama di Semarang pada tanggal 10-12 Januari mendatang.

Selanjutnya, seri musim reguler digelar di Bandung (17-19 Januari), Jakarta (31 Jauari - 2 Februari), Yogyakarta (6-8 Februari), Kediri (28 Februari - 1 Maret), Surabata (6-8 Maret), Semarang (13-15 Maret), dan Yogyakarta (20-22 Maret).

Setelah usai seri reguler, IBL akan mempertandingkan babak play-off di Malang (27-29 Maret), semifinal di Bandung (3-5 April), dan final dengan format kandang-tandang (16-19 April).

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X