Menpora dan NOC Indonesia Yakin Indonesia Bisa Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Kompas.com - 01/01/2020, 23:00 WIB
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari. KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANAKetua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari.

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora) RI, Zainudin Amali, dan Ketua NOC (National Olympic Committee) Indonesia, Raja Sapta Oktohari, optimistis Indonesia terpilih jadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan komunikasi dengan IOC (Komite Olimpiade Internasional) terkait kesiapan Indonesia menjadi penyelenggara Olimpiade 2032 mendatang.

Selain itu, NOC Indonesia mengaku sudah berkomunikasi dengan pihak NOC Jepang untuk perizinan membangun Indonesian Village saat perhelatan Olimpiade 2022.

Baca juga: 31 Atlet Berpotensi Tampil di Olimpiade Tokyo, Termasuk Marcus/Kevin

"Di sana kita akan mengkampanyekan dan memperlihatkan Indonesia di tahun 2032. Kami cukup percaya diri bahwa tahun 2032 kita akan dipercaya sebagai tuan rumah Olimpiade 2032," kata Okto seperti dilansir dari Kemenpora.

"Sinyalnya cukup jelas, kami sudah berkomunikasi langsung dengan Presiden IOC, Mr. Thomas Bach, mereka juga menyampaikan bahwa kali ini sistemnya berbeda dengan olimpiade-olimpiade sebelumnya," lanjutnya.

Menurut Okto, Indonesia akan terus melakukan komunikasi intensif dengan pihak IOC untuk mempersiapkan Olimpiade.

Pasalnya, IOC tidak akan memilih salah satu dari banyak kandidat, melainkan melakukan pendampingan langsung ke negara-negara yang berminat.

"Untuk kali ini, tidak ada bidding contest yang ada adalah pendampingan. Sehingga, kita akan berkomunikasi secara intensif dengan pihak IOC untuk mempersiapkan Olimpiade," katanya.

"Karena itu, kita sama-sama memiliki komitmen dan kami mohon didukung oleh seluruh masyarakat Indonesia," lanjutnya menambahkan.

Baca juga: Pemerintah Indonesia Usahakan Pencak Silat Jadi Cabor Olimpiade

Selain itu, Menpora juga sebelumnya sudah mendapat surat dari Presiden IOC, Mr. Thomas Bach tentang surat apresiasi kepada Presiden RI Joko Widodo.

Apresiasi tersebut diberikan oleh Thomas Bach mengingat kunjungan Wakil Presiden RI ke kantor pusat IOC pada bulan Mei 2019 dan kunjungan Ketua Umum NOC Indonesia pada tanggal 18 Desember 2019.

"Kunjungan kedua merupakan bagian dari keseriusan Indonesia untuk mencalonkan diri sebagai salah satu calon tuan rumah Olimpiade 2032," kata Menpora.



Sumber Kemenpora
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X