Shin Tae-yong: Tak Ada Waktu untuk Bersantai Bersama Timnas Indonesia

Kompas.com - 31/12/2019, 05:40 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berpose dengan Shin Tae-yong dan Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto serta Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria pada sesi perkenalan pria asal Korea Selatan tersebut sebagai pelatih baru Timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Sabtu (28/12/2019). KOMPAS.com/Farahdilla PuspaKetua Umum PSSI Mochamad Iriawan berpose dengan Shin Tae-yong dan Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto serta Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria pada sesi perkenalan pria asal Korea Selatan tersebut sebagai pelatih baru Timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Sabtu (28/12/2019).

KOMPAS.com - Federasi sepak bola Indonesia, PSSI, resmi memilih Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia.

Ketua umum PSSI, Mochammad Iriawan, juga telah memperkenalkan Shin Tae-yong kepada publik pada Sabtu (28/12/2019) lalu di Stadion Pakansari.

Tak berlangsung lama, Shin Tae-yong kemudian kembali ke negara asalnya, Korea Selatan, untuk mempersiapkan semua yang dibutuhkan untuk menukangi skuad Garuda.

Rencananya, dia kembali ke Indonesia pada awal Januari, tepatnya pada tanggal 6 Januari 2020.

Baca juga: Keuntungan PSSI Rekrut Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Kemudian, Shin Tae-yong akan bertemu dengan 60 pemain timnas Indonesia dan U-20 untuk pertama kalinya pada 13 Januari 2020.

"Saya akan bekerja di Jakarta, tak ada banyak waktu buat saya di Korea," kata Shin Tae-yong dikutip dari Spotv.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadwalnya sangat ketat dan saya harus menangani tiga tim. Jadi saya tidak mempunyai waktu untuk bersantai," ujarnya menambahkan.

Pelatih berusia 49 tahun juga menyadari bahwa pekerjaan ini bakal menantang buat dirinya.

Dia merujuk lamanya waktu tempuh dari Korea ke Indonesia atau sebaliknya dan itu berarti dia akan bekerja jauh dari kampung halaman.

Baca juga: Shin Tae-Yong Ingin Masyarakat Tanah Air Tetap Dukung Timnas Indonesia

"Perjalanan saya memakan waktu hingga tujuh jam dan tak ada penerbangan langsung sehingga ini membutuhkan banyak waktu," tutur pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Halaman:


Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X