Kompas.com - 28/12/2019, 18:48 WIB
Pelatih baru timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengangkat jersey Merah Putih pada sesi perkenalan di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Sabtu (28/12/2019). BOLASPORT.com/Mochamad Hary PrasetyaPelatih baru timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengangkat jersey Merah Putih pada sesi perkenalan di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Sabtu (28/12/2019).

KOMPAS.com - Resmi menjadi pelatih timnas Indonesia, pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong meminta les bahasa Indonesia kepada PSSI.

Shin Tae-yong dikontrak PSSI dengan jangka waktu 4 tahun untuk menangani timnas Indonesia usai memberhentikan Simon McMenemy bulan lalu.

Demi menunjang kerja Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia, PSSI memberikan beberapa fasilitas untuk Shin.

Uniknya, Shin memiliki permintaan khusus yakni les bahasa Indonesia kepada pihak PSSI.

Hal itu merupakan permintaan Shin Tae-yong agar bisa lebih cepat beradaptasi dengan sepak bola Indonesia, khususnya para pemain timnas. 

Baca juga: PSSI Kontrak Shin Tae-yong Selama 4 Tahun

Keinginan Shin disambut baik oleh PSSI. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga menyanjung Shin yang dinilai memiliki tekad kuat untuk melatih timnas Indonesia. 

Pasalnya, menurut Iriawan, Shin tak perlu les bahasa Indonesia untuk bisa berkomunikasi dengan para pemain karena sudah memiliki penerjemah yang disediakan oleh PSSI.

"Fasilitas sewajarnya ya, apartemen dan mobil," kata Mochamad Iriawan.

"Yang unik tadi dia minta kursus bahasa Indonesia. Ya berarti dia mau belajar kultur Indonesia," lanjut pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut menambahkan.

Mochamad Iriawan juga menegaskan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu bakal menetap di Jakarta.

Baca juga: Shin Tae-yong Tak Peduli Indonesia Peringkat 173 FIFA

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X