Menpora Sebut Sepak Bola Harus Jadi Industri Olahraga

Kompas.com - 24/12/2019, 16:00 WIB
Pemain, official dan manajemen Bali United merayakan juara Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Minggu (22/12/2019) malam. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPemain, official dan manajemen Bali United merayakan juara Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Minggu (22/12/2019) malam.

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora) RI, Zainuin Amali menegaskan sepak bola harus bisa menjadi industri olahraga sebagaimana kompetisi di Eropa.

Pernyataan tersebut disampaikan Menpora usai memberikan selamat kepada Bali United sebagai juara Liga 1 2019 pada hari Minggu (22/12/2019) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

"Ke depan, sepak bola ini harus bergeser menjadi industri sebagaimana kompetisi-kompetisi di Benua Eropa," kata Menpora dikutip dari laman resmi Kemenpora.

"Jika sudah menjadi industri maka akan menjadi bagian dalam penopang ekonomi negara," lanjutnya menambahkan.

Baca juga: Cara Teco Merayakan Keberhasilan Bali United Juara Liga 1 2019

Menanggapi kesuksesan Bali United, Menpora menilai gelar juara Liga 1 tersebut bukan hanya berarti bagi para official Bali United, tetapi juga untuk perkembangan sepak bola Indonesia.

"Selamat kepada Bali United yang menjadi juara Liga 1 2019. Suatu klub kebanggaan masyarakat Bali dan kebanggaan Indonesia," kata Zainudin Amali.

"Hasil ini sangat berarti untuk perkembangan sepak bola tanah air," lanjut Menpora.

Selain itu, Menpora juga berharap Bali United dapat menjaga konsistensinya dengan mempertahankan kualitas manajemen klub, para pemain, dan pelatih sehingga publik akan selalu memberikan kepercayaannya.

"Pemerintah berharap Bali United dapat meningkatkan performancenya sehingga menjadi kebanggaan bukan hanya untuk Bali tetapi juga seluruh rakyat Indonesia," tegas Menpora.

Menpora menambahkan bahwa saat ini, pemerintah sedang mendorong olahraga ke arah sport tourism.

Baca juga: Bawa Bali United Juara Liga 1 2019, Teco Masuk Nominasi Pelatih Terbaik

Zainudin Amali berharap Bali United dapat turut membantu mewujudkan keinginan pemerintah tersebut.

"Pemerintah saat ini sedang mendorong olahraga ke arah sport tourism. Di mana adanya tontonan yang menarik di sepak bola akan menarik penonton baik dari dalam dan luar negeri," jelas Zainudin.

"Sambil menikmati Bali, juga bisa menyaksikan sepak bola yang enak dan nyaman ditonton," tambah menpora mengakhiri.

Bali United mengakhiri Liga 1 musim 2019-2020 dengan meraih gelar juara dan mengoleksi 64 poin sampai akhir musim.



Sumber Kemenpora
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X