Kompas.com - 23/12/2019, 20:32 WIB
Pelatih Korea Selatan Shin Tae-yong memimpin latihan timnya jelang laga versus Swedia di Stadion Nizhny Novgorod pada 17 Juni 2018. Shin Tae-yong kini menjadi pelatih timnas Indonesia. JOHANNES EISELEPelatih Korea Selatan Shin Tae-yong memimpin latihan timnya jelang laga versus Swedia di Stadion Nizhny Novgorod pada 17 Juni 2018. Shin Tae-yong kini menjadi pelatih timnas Indonesia.

KOMPAS.com - Kepastian iya atau tidaknya Shin Tae-yong melatih timnas Indonesia masih membutuhkan waktu setidaknya satu pekan.

Ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, menegaskan masih membutuhkan waktu untuk benar-benar memastikan posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia.

Waktu tersebut, ujar pria dengan julukan Iwan Bule, digunakan untuk finalisasi apakah Shin Tae-yong bersedia atau tidak menangani skuad Garuda.

"Sedang finalisasi dalam satu pekan ke depan," kata Iwan Bule dikutip Antaranews.com.

Baca juga: Rekam Jejak Shin Tae-yong, Pelatih Baru Timnas Indonesia

Namun demikian, PSSI sudah memilih pelatih asal Korea Selatan tersebut berdasarkan hasil presentasi yang dilakukan. Dia menyisihkan mantan pelatih timnas Indonesia, Luis Milla.

Dalam pelaksanaannya saat itu, Iwan Bule sempat menanyakan keberanian Shin Tae-yong maupun Luis Milla soal target meraih gelar juara.

Hanya Shin Tae-yong yang menyanggupi tantangan tersebut. Sementara Luis Milla lebih fokus kepada sikap dan profesionalisme pemain.

Andai semua berjalan lancar selama tenggat waktu satu pekan tersebut, mantan pelatih timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 akan segera menduduki kursi pelatih timnas Indonesia yang kosong sepeninggal Simon McMenemy.

Baca juga: Tantangan Shin Tae-yong sebagai Pelatih Timnas Indonesia

"Insya Allah segera diresmikan. Kalau sudah pasti, para pewarta pasti akan diundang dalam pengumumannya," ungkap Iwan Bule.

Sebelumnya, Shin Tae-yong dikabarkan akan merapat ke klub asal China, Shenzeng FC.

Akan tetapi, dia menegaskan sangat tertarik untuk menangani timnas Indonesia melihat kesuksesan pelatih Vietnam, Park Hang-seo.

Seperti diketahui, Park Hang-seo juga berasal dari Korea Selatan. Saat ini, dia dielu-elukan di Vietnam berkat torehannya meraih medali SEA Games 2019 untuk kali pertama bagi negara tersebut.

Baca juga: Sosok di Balik Keputusan Shin Tae-yong Melatih Timnas Indonesia

"Saya melihat potensi itu (melatih timnas Indonesia) dan ingin menantang diri saya sendiri," kata Shin Tae-yong dikutip BolaSport dari Spotv News, Jumat (18/12/2019) lalu.

"Seperti pelatih Vietnam, Park Hang-seo, saya berharap gaya Korea bisa meledak di Indonesia," ujar Shin Tae-yong.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X