Jangan Sampai Piala Presiden Bikin Timnas Indonesia Babak Belur di Piala AFF 2020

Kompas.com - 21/12/2019, 20:40 WIB
Ttrofi Piala Presiden, turnamen pramusim di Indonesia. DOK. PSSITtrofi Piala Presiden, turnamen pramusim di Indonesia.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Liga 1 2020 belum dimulai. Namun, sejumlah pihak sudah melontarkan kekhawatiran mengenai penjadwalan kompetisi mendatang.

Sebenarnya, bukan Liga 1 2020 yang menjadi sumber kekhawatiran. Melainkan turnamen pramusim yang rutin digelar sebelum dimulainya Liga 1, yakni Piala Presiden.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 pun sudah menetapkan waktu kick-off Liga 1 2020 akan dimulai pada 1 Maret 2020.

Dengan demikian, Piala Presiden kemungkinan besar akan berlangsung sebelumnya.

Namun, Direktur Teknik Bhayangkara FC, Yeyen Tumena, menilai bahwa kompetisi pramusim seperti Piala Presiden cukup mengganggu persiapan klub untuk memulai kompetisi resmi.

"Begini, kami saat memulai kompetisi itu ada namanya preseason. Preseason itu sering terganggu oleh turnamen pramusim, Piala Presiden, Piala Sudirman, dan lain-lain," tutur Yeyen, Jumat (13/12/2019), dilansir dari Antara.

"Performa pemain pada putaran pertama itu pada awal-awal tidak sesuai yang kami harapkan," katanya.

Baca juga: Bambang Pamungkas dan Karma Sepak Bola Indonesia

Tak cuma Yeyen, Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts juga melontarkan hal serupa.

Pelatih asal Belanda itu menegaskan ketidaksukaannya terhadap waktu pelaksanaan Piala Presiden yang dilakukan pada masa pramusim.

"Jadi saya tidak tahu siapa yang menulis itu dan penerjemahan wawancara harus benar," tutur Alberts, dikutip dari Tribun Jabar pada Kamis (19/12/2019).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X