Tinggalkan Timnas U23 Indonesia, Kurniawan DY Kini Latih Sabah FA

Kompas.com - 20/12/2019, 14:01 WIB
Legenda tim nasional Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto. Ferril DennysLegenda tim nasional Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

KOMPAS.com - Legenda sepak bola nasional Kurniawan Dwi Yulianto akhirnya resmi menjadi pelatih kepala klub Liga Super Malaysia, Sabah FA.

Sebelumnya, Kurniawan Dwi Yulianto sibuk menjadi asisten pelatih tim nasional U23 Indonesia, terutama pada ajang SEA Games 2019.

Kepastian Kurniawan menjadi pelatih Sabah FA diungkapkan eks pemain Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta itu melalui media sosial Instagram pada Jumat (20/12/2019).

Baca juga: Barito Putera Vs Arema FC, Singo Edan Hadapi Tim Komposisi Terbaik

"Alhamdulillah. Segala pujian kepada Allah SWT karena memberi saya berkah, kekuatan, dan kesempatan, karena hari ini saya secara resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala untuk Sabah FA."

"Terima kasih kepada Sabah FA untuk kesempatan ini dan Insya Allah saya akan melakukan yang terbaik karena ini adalah tantangan baru bagi saya di Liga Super Malaysia. Mohon doanya semua," tulis Kurniawan.

Sebelumnya, pria berusia 43 tahun asal Magelang, Jawa Tengah, itu memang sudah diisukan akan melatih Sabah FA yang baru promosi ke Liga Super Malaysia.

Sebelumnya, Sabah FA ditangani oleh Julius Ating. Namun, ia tak bisa lagi menangani tim di level Liga Super Malaysia karena belum memiliki lisensi kepelatihan AFC Pro.

Selain Kurniawan, Sabah FA juga sudah merekrut pelatih fisik asal Indonesia, yakni Sofie Imam, yang pernah bertugas di timnas U19 Indonesia.

Sebagai pemain, Kurniawan menjalani karier profesional sebagai penyerang pada tahun 1994 di klub Swiss, FC Luzern.

Baca juga: Takumi Minamino ke Liverpool, Impian yang Jadi Kenyataan

Setelah itu, dia berkarier di Liga Indonesia dengan sejumlah klub, di antaranya PSM Makassar, PSPS Pekanbaru, Persebaya, Persija, PSS Sleman, dan Persela Lamongan.

Kurniawan kemudian pensiun pada 2013 dengan terakhir memperkuat klub Persipon Pontianak.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X