Tinggalkan Timnas U23 Indonesia, Kurniawan DY Kini Latih Sabah FA

Kompas.com - 20/12/2019, 14:01 WIB
Legenda tim nasional Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto. Ferril DennysLegenda tim nasional Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

KOMPAS.com - Legenda sepak bola nasional Kurniawan Dwi Yulianto akhirnya resmi menjadi pelatih kepala klub Liga Super Malaysia, Sabah FA.

Sebelumnya, Kurniawan Dwi Yulianto sibuk menjadi asisten pelatih tim nasional U23 Indonesia, terutama pada ajang SEA Games 2019.

Kepastian Kurniawan menjadi pelatih Sabah FA diungkapkan eks pemain Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta itu melalui media sosial Instagram pada Jumat (20/12/2019).

Baca juga: Barito Putera Vs Arema FC, Singo Edan Hadapi Tim Komposisi Terbaik

"Alhamdulillah. Segala pujian kepada Allah SWT karena memberi saya berkah, kekuatan, dan kesempatan, karena hari ini saya secara resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala untuk Sabah FA."

"Terima kasih kepada Sabah FA untuk kesempatan ini dan Insya Allah saya akan melakukan yang terbaik karena ini adalah tantangan baru bagi saya di Liga Super Malaysia. Mohon doanya semua," tulis Kurniawan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Alhamdulillah.. All praise to Allah swt for giving me the blessing, the strength, the chance for me as today i am officially appointed as a head coach for Sabah FA. Thank you to SAFA for this opportunity and Insya Allah i will do my very best as this is the new challenge for me in Malaysia Super League.. Mohon doanya semua ???????? “Jaya Selalu Untuk Sabah” ???? by : @ei85tyfive #SabahFa #Tambadau

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

A post shared by Kurniawan DY (@kurniawanqana) on Dec 19, 2019 at 10:01pm PST

Sebelumnya, pria berusia 43 tahun asal Magelang, Jawa Tengah, itu memang sudah diisukan akan melatih Sabah FA yang baru promosi ke Liga Super Malaysia.

Sebelumnya, Sabah FA ditangani oleh Julius Ating. Namun, ia tak bisa lagi menangani tim di level Liga Super Malaysia karena belum memiliki lisensi kepelatihan AFC Pro.

Selain Kurniawan, Sabah FA juga sudah merekrut pelatih fisik asal Indonesia, yakni Sofie Imam, yang pernah bertugas di timnas U19 Indonesia.

Sebagai pemain, Kurniawan menjalani karier profesional sebagai penyerang pada tahun 1994 di klub Swiss, FC Luzern.

Baca juga: Takumi Minamino ke Liverpool, Impian yang Jadi Kenyataan

Setelah itu, dia berkarier di Liga Indonesia dengan sejumlah klub, di antaranya PSM Makassar, PSPS Pekanbaru, Persebaya, Persija, PSS Sleman, dan Persela Lamongan.

Kurniawan kemudian pensiun pada 2013 dengan terakhir memperkuat klub Persipon Pontianak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X